Keluarga

6 Langkah Mencuci Sayuran secara Tepat agar Nutrisinya Tak Hilang

6 Langkah Mencuci Sayuran secara Tepat agar Nutrisinya Tak Hilang

MOMSMONEY.ID - Simak langkah mencuci sayuran secara tepat agar nutrisinya tak hilang berikut ini.

Siapa sangka, mencuci sayuran tanpa mengikuti tata cara yang benar bisa berakibat fatal karena dapat menghilangkan kandungan nutrisinya, lho!

Mencuci sayuran wajib dilakukan sebelum sayur dimasak. Kegiatan mencuci sayuran ini ditujukan agar tak ada kotoran maupun pestisida yang tertelan dalam tubuh.

Sayangnya, ada beberapa cara mencuci sayuran yang kurang tepat sehingga nutrisi dan gizi dalam sayuran hilang begitu saja.

Agar tidak salah mengolah sayuran, penting bagi Moms untuk tahu beberapa cara mencuci sayuran yang tepat. Masi simak artikelnya yang dilansir dari Maggi, berikut ini.

Baca Juga: 6 Perbedaan Herb dan Spice, Antara Rempah Daun dan Rempah Bubuk

Dimulai dari Sayuran Segar

Sebelum tahu cara mencuci sayuran secara tepat, Moms wajib memilih sayurannya terlebih dahulu. Pilihlah sayuran yang segar-segar agar sayuran mudah dicuci.

Sayuran segar bisa dirasakan sendiri baik oleh mata maupun hidung. Sayuran segar tentunya tidak layu ataupun mengeluarkan bau busuk.

Cuci Bersih di Aliran Air

Mencuci Sayuran

Inilah kunci dari cara mencuci sayuran yang tepat, yakni dengan mencuci sayuran di bawah aliran air mengalir. Tapi ingat, jangan dicuci menggunakan sabun, ya. Cukup dengan air mengalir saja.

Baca Juga: Begini Lo Cara Mengolah Daging Tetap Juicy, Empuk dan Tidak Amis!

Agar bisa mencuci sayuran di bawah aliran air, anda harus menempatkan sayuran di wadah berongga yang memiliki bolong agar air tidak malah mengendap dalam wadah.

Pastikan anda mencuci sayuran terlehbih dahulu sebelum memotongnya, karena ada beberapa sayuran yang kandungan nutrisinya bisa larut oleh air.

Jangan mencuci sayuran menggunakan air panas

Kandungan gizi pada sayuran sangat mudah hilang apabila terlalu lama direndam dalam air panas. Maka jangan sekali-kali mencoba merendamnya dalam air panas.

Merendam sayuran dalam air panas tak akan mematikan bakteri & virus, melainkan hanya akan menghilangkan kandungan nutrisi penting pada sayuran.

Baca Juga: 6 Cara Pilih Minyak Zaitun Berkualitas Tinggi, dari Jenis hingga Kandungannya

Potong Sayuran

Koki Memotong Sayuran

Cara mencuci sayuran yang tepat selanjutnya adalah dengan memotong bagian sayuran yang layu & rusak.

Pemotongan bagian layu dilakukan setelah mencuci sayuran, agar kandungan nutrisinya tidak hilang begitu saja. Pemotongan juga dilakukan agar semua bakteri hingga ulat bulu tidak ikut tercampur dalam makanan yang akan anda buat.

Jangan Mencuci Sayuran Jika…

Perlu Moms ketahui, jangan pernah mencuci sayuran apabila anda ingin menyimpannya sebagai stok persediaan & bukan langsung diolah jadi masakan.

Apabila Moms mencuci sayur padahal tidak ingin dimakan langsung, maka ini bisa meningkatkan risiko bakteri & jamur yang bisa menempel pada sayuran karena tingkat kelembapannya yang tinggi.

Baca Juga: Tips Jadikan Kegiatan Masak Bersama Anak Jadi Super Menyenangkan, Tidak Bikin Repot

Mengelap Sayuran

Brokoli

Bagi Moms yang ingin menyimpan sayuran namun bingung karena tidak boleh dicuci terlebih dahulu, MomsMoney punya caranya, nih!

Caranya dengan mengelap sayuran menggunakan tisu atau lap bersih supaya sayuran tak terlalu kotor. Moms juga bisa menyimpannya di kantong plastik.

Namun khususnya untuk sayuran berdaun yang lembab, baiknya bungkus sayuran dengan tisu yang banyak sebelum menyimpannya di kantong plastik agar tidak terlalu lembap.

Itu dia sederet cara mencuci sayuran agar kandungan nutrisinya tidak ikut menghilang. Mari terapkan cara-cara di atas agar gizi dalam makananmu tetap bisa masuk ke dalam tubuh.

Selanjutnya: Pembalap Formula 1 Max Verstappen Jadi yang Tercepat di Grand Prix Abu Dhabi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News