Keluarga

5 Tips Masak Kangkung yang Aman, Tak Ada Lintah dalam Rongga

5 Tips Masak Kangkung yang Aman, Tak Ada Lintah dalam Rongga

MOMSMONEY.ID - Inilah tips masak kangkung yang aman tanpa disusupi lintah di bagian dalam rongganya.

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Tetapi, kangkung seringkali disusupi lintah di bagian dalam rongganya.

Melansir dari Kompas, kangkung memiliki berbagai manfaat mulai dari penurun kolesterol, mencegah anemia, diabetes, hingga membuat rambut jadi kuat & kulit tampak bersinar cerah.

Untuk Anda yang mulai tertarik memakan kangkung namun masih takut mencobanya, MomsMoney berikan berbagai tips masak kangkung yang aman. Dilansir dari Bali Tribunnews, Sonora, dan Sajian Sedap, ini dia artikelnya.

Baca Juga: Jadi Sarana Belajar dan Bermain, Ikuti 7 Tips Masak Menyenangkan Bersama Anak

Petik daunnya satu per satu

Sebelum memasak kangkung, pastikan kangkung aman dan layak dikonsumsi. Caranya bisa dengan memetik daun kangkung satu per satu dari batangnya.

Meski tahapan ini cukup memakan waktu, namun ini merupakan salah satu cara efektif untuk melihat ada atau tidaknya berbagai jenis kotoran maupun parasit berupa binatang yang bersembunyi di dalam kangkung.

Cuci di bawah aliran air

Untuk memastikan tak ada kotoran dan parasit yang menempel dalam rongga batang & daun kangkung, maka Moms wajib mencuci kangkung di bawah aliran air mengalir.

Aliran air yang deras biasanya akan meluruhkan semua kotoran yang tersangkut di kangkung. Dengan begitu, kangkung lebih aman untuk dimasak.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Tepung Terigu: Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Rendam kangkung di air garam

Tumis Kangkung Belacan

Jika Moms belum yakin kangkung yang diolah sudah bersih dari berbagai macam parasit seperti lintah, cacing, ataupun ulat, Moms bisa merendam kangkung di dalam air garam.

Garam dikenal dapat menyerap air dari dalam tubuh cacing-lintah sehingga dapat membuat parasit-parasit ini lebih mudah mati.

Baca Juga: 6 Perbedaan Istilah Baking yang Wajib Diketahui Pemula saat Belajar Masak

Membelah batang kangkung

Membelah batang kangkung wajib Anda lakukan sebelum benar-benar memasaknya. Sebab, bisa saja ada parasit seperti cacing ataupun lintah yang berukuran kecil yang bersembunyi di dalam rongga batang kangkung.

Maka cara aman untuk mengonsumsinya adalah dengan membelah batang kangkung satu per satu. Meski memang membelah batang kangkung sedikit sulit dilakukan karena batangnya kecil-kecil.

Namun jangan lupa untuk membilas kembali kangkung dalam aliran air mengalir agar kangkung tak bercita rasa asin saat telah beres dimasak.

Baca Juga: Sparkling Water vs Air Soda, Inilah Perbedaan 2 Jenis Minuman Berkarbonasi

Rendam dalam campuran air cuka

Selain menggunakan air garam, membersihkan kangkung aga tak ada lindah dan cacing yang bersembunyi di dalamnya bisa menggunakan larutan cuka.

Moms bisa menambahkan 2 sdm cuka ke dalam air bersih, kemudian rendam kangkung selama beberapa menit. Bilas kembali kangkung di bawah aliran air mengalir.

Itulah berbagai tips masak kangkung yang aman supaya rongganya bersih tak ada lintah maupun cacing yang bersembunyi. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi Moms di rumah.

Selanjutnya: Mitsubishi Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam ke 17 di Ciawi,Pastikan Truk Konsumen Prima

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News