Keluarga

6 Tips Diet yang Aman dan Efektif bagi Penderita Diabetes

6 Tips Diet yang Aman dan Efektif bagi Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Simak tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes. 

Berat badan berlebih pada penderita diabates dapat menambah resistensi insulin, sehingga menyulitkan insulin alami tubuh untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Untuk membantu mengurangi berat badan berlebih, awalilah dengan menerapkan pola makan sehat.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur. Bagi penderita diabetes khususnya diabetes tipe 2, aktivitas fisik dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Sebagai pedoman, berikut 6 tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes, dirangkum dari Everyday Health.

1. Pakai piring berukuran lebih kecil

Tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes yaitu memakai piring berukuran lebih kecil.

Menurut penelitian, orang yang makan dengan piring berukuran lebih besar sering kali menganggap porsi makannya lebih sedikit dari sebenarnya. Sedangkan piring yang lebih kecil dan terisi penuh membuat mereka berpikir bahwa makanannya lebih banyak daripada sebenarnya.

Nah, bagi Anda yang menderita diabetes dan ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk makan menggunakan piring yang lebih kecil seperti piring salad dan mangkuk.

Dengan begini, kemungkinan Anda akan makan lebih sedikit dan merasa lebih kenyang. Sebelum mencoba trik ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda atau ahli gizi guna mempelajari ukuran porsi makan yang tepat.

2. Minum segelas besar air putih sebelum makan

Tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes selanjutnya yaitu minum segelas besar air putih sebelum makan.

Sebelum makan apapun, minumlah segelas besar air putih. Ini dapat menurunkan berat badan bagi penderita diabetes dengan mencegah makan berlebihan sekaligus membantu merasa kenyang lebih cepat.

Baca Juga: Seks Jadi Tahan Lama, 5 Makanan untuk Meningkatkan Stamina Sebelum Berhubungan Seks

Apabila Anda ingin merasa lebih kenyang dengan sedikit kalori, Anda bisa makan siang atau makan malam dengan salad atau semangkuk sup rendah sodium dan rendah lemak.

Atau, tambahkan serat seperti bubuk psyllium husk ke dalam secangkir air untuk membantu Anda merasa lebih kenyang sebelum makan.

3. Berdiri dan bergerak lebih sering

Selanjutnya, tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes yaitu berdiri dan bergerak lebih sering.

Aktivitas fisik menjadi salah satu komponen penting dalam menurunkan berat badan. Bagi penderita diabetes, ada cara-cara kecil untuk membantu Anda aktif sepanjang hari sekaligus membakar kalori.

Anda bisa memulainya dengan hanya berdiri. Menurut MedlinePlus, orang dengan berat 170 pon mampu membakar sekitar 186 kalori sambil berdiri selama 1 jam dibandingkan sambil duduk yang hanya membakar 139 kalori.

Setelah terbiasa, pasang timer setiap 30 menit guna memberikan pengingat sederhana bagi Anda untuk bangun dan bergerak. Saat timer berbunyi, lakukanlah peregangan atau sekadar berjalan-jalan.

Baca Juga: Selain Bikin Bergairah, Ini 5 Manfaat Foreplay Sebelum Berhubungan Seks

4. Biasakan berjalan kaki setelah makan

Berikutnya, tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes yaitu membiasakan berjalan kaki setelah makan.

Apabila Anda tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, Anda bisa melakukan sedikit aktivitas fisik setelah makan, misalnya berjalan kaki selama 10 menit.

Selain bagus untuk membantu mengendalikan gula darah, berjalan kaki setelah makan juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi penderita diabetes.

5. Hindari makan terlalu sedikit

Jangan sampai ambisi untuk menurunkan berat badan membuat Anda kelaparan. Dalam proses diet, Anda memang perlu memperhatikan kalori Anda. Akan tetapi, Anda tidak boleh membuat diri Anda kelaparan dengan menghilangkan kelompok makanan utuh yang seharusnya Anda konsumsi.

Tatkala Anda menghilangkan kelompok makanan utuh, itu hanya akan memicu keinginan untuk makan berlebihan di kemudian hari. Jadi, usahakan untuk makan makanan dan camilan yang seimbang secara teratur.

Penting bagi Anda untuk memasukkan karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu harian Anda. Jika Anda menghindari satu kelompok makanan lengkap, itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan kontraproduktif.

6. Hentikan kebiasaan makan sambil menonton TV atau bermain gadget

Tips diet yang aman dan efektif bagi penderita diabetes yang terakhir, yaitu menghentikan kebiasaan makan sambil menonton TV atau bermain gadget.

Kebiasaan makan di depat TV atau gadget bisa menggagalkan upaya menurunkan berat badan bagi penderita diabetes.

Pasalnya, kebiasaan ini dapat menciptakan gangguan yang memicu keinginan untuk makan lebih banyak. Sementara itu, makan tanpa gangguan apapun cenderung membuat Anda makan lebih sedikit.

Menurut sebuah studi, makan dengan penuh perhatian tanpa gangguan merupakan cara yang baik untuk mencapai berat badan yang sehat tanpa perlu menghitung kalori secara ketat.

Jadi, mulailah fokus pada makanan yang ada di hadapan Anda dan jangan lupa untuk mematikan TV atau gadget selama Anda makan.

Selanjutnya: IMF, China Ready to Work With New Argentina Leader Milei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News