Keluarga

Trik Jitu Masak Santan Supaya Tak Pecah, Wajib Disimak!

Trik Jitu Masak Santan Supaya Tak Pecah, Wajib Disimak!

MOMSMONEY.ID - Santan yang pecah akan menimbulkan rasa & warna yang berbeda. Lantas, bagaimana sih cara supaya santan tidak pecah saat dimasak?

Pertama-tama, kualitas santan yang baik berpengaruh besar terhadap rasa masakan. Selain itu, kualitas santan juga berpengaruh terhadap pecah atau tidaknya santan.

Agar santan tidak mudah pecah, Moms perlu memilih santan dengan kualitas terbaik. Berikut cara-cara masak santan agar tidak pecah, dilansir dari Omela.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 5 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menurunkan Kolesterol

Masak santan pakai api kecil

Supaya santan tidak pecah, cara memasak santan yang benar pertama haruslah dimasak menggunakan api kecil.

Memasak santan dalam api yang terlalu besar dan suhu yang terlalu panas akan membuat santan pecah. Ini menyebabkan santan dan bumbu lainnya tidak tercampur rata.

Tambahkan tepung beras

Cara memasak santan agar tidak pecah bisa dilakukan dengan menambahkan tepung beras.

Caranya, Anda bisa mencampurkan santan dan sedikit tepung beras. Tenang, rasa santan tak akan tiba-tiba berubah, kok! Setelah itu, barulah masukkan santan tadi bersama bahan lain dan aduk perlahan hingga mendidih. Dijamin santan tidak akan pecah!

Baca Juga: 5 Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau dari Rasa hingga Pilihan Lauk Pauk

Pisahkan santan dengan asam

Kulit lemon

Santan pecah apabila disatukan dengan bahan asam. Agar santan tidak pecah, maka jauhkan santan dari segala bahan yang mengandung asam seperti perasan jeruk nipis, dan sebagainya.

Jika Anda ingin makanan ada sedikit rasa asamnya, maka Anda bisa menambahkan perasan air jeruk setelah santan matang. Cara yang satu ini juga dapat membuat santan jadi tidak mudah pecah.

Baca Juga: 8 Referensi Bagian Daging Sapi Paling Enak untuk Segala Jenis Olahan Makanan

Mengaduk santan

Santan akan pecah dan menggumpal apabila tidak diaduk. Maka dari itu, cara memasak santan agar tidak pecah adalah dengan cara mengaduknya secara konsisten terus menerus dengan gerakan perlahan.

Campur santan di tahap terakhir

Jika ingin memasak makanan menggunakan santan, maka masukkan santan pada tahap terakhir masakan. Ini akan membuat santan tetap dingin sehingga santan tidak pecah.

Nah, itulah beberapa cara memasak santan agar tidak pecah sekaligus cara memilih santan yang berkualitas baik. semoga artikel ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News