Keluarga

5 Tips Masak Rahasia yang Dilakukan oleh Para Koki Prancis Turun Temurun

5 Tips Masak Rahasia yang Dilakukan oleh Para Koki Prancis Turun Temurun

MOMSMONEY.ID - Ada banyak trik masak rahasia yang dilakukan para koki di negara Prancis.

Prancis tak pernah asal-asalan membuat makanan. Pasalnya, mereka memiliki tradisi masak turun temurun yang selalu dilakukan para koki Prancis setiap kali memasak.

Jika Anda ingin membuat hidangan selezat masakan Prancis, mari simak dan tiru tips masak ala koki Prancis berikut ini. Melansir dari Eat This Not That dan Mashed, berikut ini dia.

Baca Juga: 7 Teknik Dasar Memotong Sayuran yang Wajib Dikuasai biar Bisa Jadi Chef Profesional

Selalu asah pisau

Dalam masakan Prancis, pisau adalah penunjang masakan yang super penting. Pisau yang tajam sangat berpengaruh terhadap berbagai jenis masakan.

Ada begitu banyak istilah potongan sayuran yang diambil dari bahasa Prancis seperti batonette, julienne, chiffonade, dll.

Jangan ragu gunakan butter

Salted Butter vs Unsalted Butter

Butter adalah rahasia dasar masakan Prancis. Para koki Prancis selalu menggunakan mentega yang berkualitas bagus, bukan margarin.

Tetapi jangan lupa untuk selalu mengontrol porsi/asupan makanan. Sebab salah satu rahasia orang Prancis tetap langsing meski banyak mengonsumsi makanan bermentega ialah karena mereka mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Salted Butter vs Unsalted Butter, Perbedaan 2 Tipe Mentega untuk Segala Jenis Masakan

Pakai buah & sayur sesuai musim

Tips masak berikutnya yang sering dilakukan para koki Prancis ialah dengan selalu menggunakan buah & sayur yang sesuai dengan musimnya.

Dengan cara ini, kualitas makanan jadi meningkat, serta cita rasanya semakin nikmat karena buah & sayur yang dipakai sedang dalam masa subur & berada pada kualitas terbaiknya.

Gunakan garam laut

Bumbu adalah hal terpenting dalam sebuah masakan. Menu steak hingga sayuran tak akan terasa lezat jika kekurangan bumbu, terutama garam.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Tepung Terigu: Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Tips masak ala koki Prancis yang sering dilakukan ialah dengan menambahkan garam laut ke dalam masakannya. Saking seringnya dilakukan, tips ini telah menjadi tradisi turun temurun pada koki di sana.

Mereka juga memanen sendiri garamnya, agar mereka mengetahui kualitas garam tetap terjamin.

Pelajari teknik memasak seafood

Sauteing & braising adalah 2 teknik ala koki Prancis yang paling populer dan sering digunakan orang-orang di seluruh dunia.

Adapun teknik memasak ala koki Prancis yang digunakan saat memasak seafood, yakni teknik A La Nage.

Masak udang

Baca Juga: Nasi Padang vs Nasi Kapau: Beda Isian Menu, Rasa, hingga Tata Letak Masakan

Michelin Guide menjelaskan bahwa teknik memasak ala Prancis yang satu ini mengombinasikan teknik perebusan, pengukusan, dan penumisan.

Teknik Nage juga dianggap sebagai teknik memasak paling menyehatkan karena tak menggunakan lemak/minyak sama sekali.

Namun yang mengesankan, teknik Nage ala koki Prancis dapat membuat semua jenis hidangan seafood jadi super lezat, gurih, dan juicy.

Itulah deretan tips masak ala koki Prancis yang bisa Anda tiru di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News