M O M S M O N E Y I D
Bugar

5 Manfaat Diet Gula untuk Kesehatan Tubuh, Bikin Kulit Jadi Glowing lo

5 Manfaat Diet Gula untuk Kesehatan Tubuh, Bikin Kulit Jadi Glowing lo
Penulis: Widya Oktaviana  |  Editor: Widya Oktaviana


MOMSMONEY.ID - Diet gula menjadi salah satu pola makan yang belakangan semakin populer. Bukan karena mengikuti tren, tetapi karena manfaat nyata yang diberikannya bagi tubuh.

Diet gula sendiri bukan berarti Anda harus menghilangkan gula sepenuhnya dari menu harian ya. Tubuh tetap memerlukan gula alami sebagai sumber energi utama untuk menjalankan fungsi organ, berpikir, dan bergerak.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan, Bisa Bakar Lemak Tubuh

Yang menjadi fokus utama adalah membatasi asupan gula tambahan, yaitu gula yang sengaja ditambahkan ke makanan dan minuman olahan.

Dengan cara ini, Anda tetap bisa berenergi tanpa harus membebani tubuh dengan lonjakan gula berlebihan.

Salah satu keajaiban dari diet gula adalah bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sehat. Kulit menjadi lebih bersih, lembap alami, dan bersinar dari dalam. 

Baca Juga: 5 Alasan Kesehatan Usus Bisa Terganggu jika Terlalu Banyak Makan Gula

Berikut beberapa manfaat diet gula untuk kesehatan tubuh Anda, dikutip dari www.halodoc.com:

1. Kulit lebih sehat

Pernahkah Anda membayangkan bahwa mengurangi rasa manis di lidah justru bisa membuat kulit Anda bersinar lebih cerah? Itulah salah satu keajaiban dari diet gula.

Menurut ahli, gula memiliki kemampuan untuk mengurai kolagen dan mengurangi elastin di kulit. Selain itu, gula juga juga memiliki efek dehidrasi yang mampu meningkatkan produksi minyak di kulit.

Apa yang terjadi jika Anda berhenti mengonsumsi gula? Minyak di kulit akan berkurang, kulit terhidrasi dan teksturnya menjadi lembut, serta warna kulit juga berangsur membaik.

2. Diabetes bekurang

Buat Anda yang sedang mengurangi gula, hal ini otomatis juga sebuah usaha untuk mengurangi risiko diabetes. Karena kadar gula yang tinggi bisa mengganggu fungsi insulin dan menyebabkan diabetes.

Jika Anda berhenti mengonsumsi gula, maka tubuh akan membuang racun atau melakukan detoksifikasi secara alami. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Tampak Sehat tapi Ternyata Tinggi Kandungan Gula

3. Sistem imun lebih baik

Manfaat diet gula yang tak kalah istimewa adalah membuat sistem imun Anda menjadi lebih baik. 

Menurut studi yang ada di dalam American Journal of Clinical Nutrition, kemampuan sel darah putih untuk melawan bakteri bisa mengalami penurunan sampai 50 persen hanya dengan adanya 100 gram gula di darah. 

Mengonsumsi gula secara berlebih berisiko meningkatkan inflamasi di dalam tubuh. Jadi, kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit akan menurun.

4. Bisa mengingat lebih baik

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi gula berlebih sangat berpengaruh pada kemampuan otak Anda, lo. Di mana kemampuan kognitif bisa mengalami penurunan. 

Berdasarkan studi yang dilakukan The University of California, Los Angeles (UCLA), dengan mengurangi konsumsi gula, hal ini bisa meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat.

Baca Juga: 4 Jus Tinggi Gula yang Diam-diam Bikin Gula Darah Naik

5 Membuat mood lebih baik

Menikmati makanan dan minuman yang manis memang mendatangkan kebahagiaan. Namun, pada kenyataannya, mengonsumsi gula berkaitan dengan tingkat depresi yang lebih tinggi, lo.

Berbeda jika Anda berhenti mengonsumsi gula selama satu atau dua minggu, suasana hati Anda akan lebih baik. 

Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti menambahkan gula ke makanan atau minumannya, mereka lebih rentan mengalami depresi daripada wanita yang sedikit mengonsumsi gula.

Diet gula bukanlah hukuman, melainkan bentuk cinta terbaik bagi tubuh, dan kulit glowing hanyalah salah satu bonus indah yang akan Anda dapatkan dalam perjalanan sehat ini. Selamat mencoba dan rasakan sendiri keajaibannya ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Kesempatan Kerja Siswa Tunarungu Perlu Disiapkan Sejak Sekolah, Begini Caranya

​Pengenalan dunia kerja menjadi salah satu bekal bagi siswa tunarungu untuk menyiapkan karier di masa depan

Katalog Promo Superindo Weekday Diskon hingga 50% Periode 10-13 Agustus 2026

Cek promo Superindo Weekday hari ini periode 10-13 Agustus 2026 untuk belanja hemat di Superindo terdekat awal pekan ini.

Prakiraan Cuaca DI Yogyakarta Besok Rabu (12/8), Mayoritas Cerah

Cuaca DI Yogyakarta besok Rabu (12/8) mayoritas cerah dengan suhu hingga 32°C. Cek prakiraan lengkap di 5 kabupaten/kota.

Tak Cuma Kimpul, Ini 7 Makanan Gluten Free Khas Yogyakarta yang Enak dan Wajib Dicoba

Jelajahi ragam makanan gluten free khas Yogyakarta seperti tiwul, mie lethek, hingga gudeg manggar. Aman untuk Anda yang sensitif terhadap gluten

Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp 20.000 Jadi Rp 2.710.000 per Gram, Buyback Menguat

Harga emas Antam hari ini Selasa (11/8) naik Rp 20.000 menjadi Rp 2.710.000 per gram. Buyback juga menguat.

Kantong Selamat! Serbu Promo Bakmi GM Paket Pelajar Makan Berdua Mulai Rp 45 Ribuan

Nikmati promo Bakmi GM Paket Pelajar untuk berdua dengan harga hemat. Cukup tunjukkan kartu pelajar atau seragam sekolah Anda tiap Senin–Jumat.

Penuh Perjuangan, Saksikan 6 Film Tentang Pahlawan Indonesia Jelang Kemerdekaan RI

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film pahlawan Indonesia yang bisa dijadikan tontonan untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia.​

6 Film dan Serial Kriminal Tentang Dunia Narkoba, dari Kurir sampai Kartel

Punya cerita yang menegangkan dan penuh kriminalitas, ini rekomendasi tontonan film dan serial kriminal yang bertema dunia narkoba.​

5 Tradisi Agustusan untuk Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Berikut daftar beberapa tradisi 17-an atau Agustusan selalu diadakan dalam rangkaian perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.​

IHSG Diproyeksi Terkoreksi, Cek Rekomendasi Saham dari BNI Sekuritas (11/8)

IHSG diproyeksikan terkoreksi pada perdagangan Selasa (11/8/2026).​ Simak rekomendasi saham dari BNI Sekuritas untuk hari ini.