Bugar

5 Gejala Diabetes Paling Umum pada Anak-Anak yang Wajib Orangtua Ketahui

5 Gejala Diabetes Paling Umum pada Anak-Anak yang Wajib Orangtua Ketahui

MOMSMONEY.ID - Diabetes tipe 1 dan tipe 2 bisa berkembang pada usia berapa pun, termasuk anak-anak. Kenali gejala diabetes yang paling umum pada anak-anak berikut ini.

Mengutip laman CDC Amerika Serikat, sebuah Studi menunjukkan bagaimana diabetes tipe 1 dan tipe 2 akan semakin memengaruhi anak-anak dan remaja dalam 40 tahun ke depan. 

Para peneliti menggunakan data dari tahun 2002 hingga 2017 untuk mempelajari peningkatan jumlah anak muda di bawah usia 20 tahun yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. 

Mereka kemudian menggunakan model matematika berdasarkan tren ini untuk memprediksi bagaimana diabetes pada kelompok usia ini akan meningkat pada 2060.

Para peneliti memperkirakan, jumlah anak-anak dan remaja yang akan didiagnosis menderita diabetes dari tahun 2017 hingga 2060 berdasarkan dua skenario:

Insidensi konstan

Jika angka kasus baru tetap sama, kasus diabetes tipe 1 akan tetap sama. Kasus diabetes tipe 2 akan meningkat sekitar 70%. Total kasus diabetes akan meningkat sekitar 12%.

Peningkatan insiden

Jika tingkat kasus baru terus meningkat, kasus diabetes tipe 1 akan meningkat sekitar 65%, dan kasus diabetes tipe 2 akan meningkat sekitar 700%. Total kasus diabetes akan meningkat 147%.

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, hormon yang menyeimbangkan kadar gula darah. Belum ada cara yang diketahui untuk mencegah diabetes tipe 1 saat ini.

Sedang diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk menggunakan insulin seiring waktu. 

Pada beberapa orang, diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda melalui perubahan gaya hidup, seperti pola makan sehat dan aktif secara fisik.

Gejala diabetes tipe 1 pada anak

Nah, berikut gejala diabetes tipe 1 yang paling umum pada anak-anak:

Sering ke toilet

Sering ke toilet untuk buang air kecil, mengompol, juga bangun di malam hari untuk pergi ke toilet.

Haus 

Menjadi sangat haus dan tidak mampu menghilangkan dahaga. Anak Anda mungkin meminta minum lebih sering, menghabiskan minumannya dengan sangat cepat, atau Anda mungkin memperhatikan mereka biasanya minum lebih banyak.

Lelah

Merasa lebih lelah dari biasanya. Memiliki energi lebih sedikit dari biasanya, tidak bermain sesering mungkin, lebih sedikit energi untuk berolahraga.

Lebih ringan 

Penurunan berat badan atau terlihat lebih kurus dari biasanya.

Infeksi

Anda mungkin juga memperhatikan anak Anda terkena lebih banyak infeksi dari biasanya.

Baca Juga: Hari Diabetes Sedunia, Kenali 8 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi Ini

Gejala diabetes tipe 1 cenderung muncul dalam hitungan hari atau minggu dan Anda harus segera mendapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala-gejala tersebut.

Jenis diabetes yang paling umum terjadi pada anak-anak adalah diabetes tipe 1. Tapi, anak-anak juga bisa terkena diabetes tipe 2 atau diabetes tipe lainnya.

Gejala diabetes tipe 2 pada anak

Gejala diabetes tipe 2 pada anak-anak sama dengan gejala diabetes tipe 1. Hanya, gejalanya mungkin kurang kentara dan berkembang lebih lambat, misalnya, selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Tetapi, Anda mungkin masih memperhatikan beberapa gejala diabetes tipe 1 yang paling umum pada anak-anak .

Gejala diabetes pada anak-anak sama dengan orang dewasa, tapi gejalanya mungkin berbeda. Contoh, anak tidak mau bermain game sesering mungkin karena kurang energi. 

Penelitian menunjukkan, da beberapa faktor risiko terkena diabetes tipe 2. Ini termasuk etnis, genetika, dan gaya hidup. Dalam beberapa kasus, diabetes tipe 2 dapat dicegah, tidak seperti diabetes tipe 1.

Jika anak Anda mengalami salah satu tanda atau gejala diabetes di atas, sebaiknya segera bawa ke dokter dan lakukan tes glukosa darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News