Keluarga

4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan daftar makanan murah yang ampuh mencegah diabetes. Simak sampai akhir ya, Moms.

Tidak ada obat ajaib untuk diabetes. Namun, ada beberapa upaya yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

Diabetes sendiri sering kali disebabkan oleh genetik. Kendati demikian, faktor gaya hidup seperti olahraga teratur dan pola makan sehat bisa membantu mengurangi peluang terkena diabetes khususnya diabetes tipe 2, bahkan ketika Anda menderita pradiabetes.

Untuk mendukung pola makan sehat dalam upaya mencegah diabetes, ada beberapa makanan kaya nutrisi dengan harga terjangkau yang tidak boleh Anda lewatkan. Melansir EatingWell, berikut 4 makanan murah yang ampuh mencegah diabetes.

Baca Juga: Berat Badan Naik? Bisa Jadi Kurang Serat! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

1. Kacang-kacangan

Jenis Kacang-kacangan

Makanan murah yang ampuh mencegah diabetes pertama yaitu kacang-kacangan.

Meningkatnya gula darah secara konsisten merupakan salah satu faktor risiko diabetes. Dan, semakin banyak Anda mengonsumsi karbohidrat olahan, maka gula darah Anda cenderung semakin tidak stabil.

Untuk mengekang keinginan makan karbohidrat di sore hari, Anda bisa mengonsumsi camilan tinggi protein seperti kacang-kacangan agar tetap kenyang hingga waktu makan malam tiba.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak tak jenuh ganda dalam jumlah tinggi. Adapun jenis lemak ini diklaim mampu memperlambat perkembangan diabetes tipe 2.

2. Oatmeal

Oatmeal

Makanan murah yang ampuh mencegah diabetes kedua yaitu oatmeal.

Dalam satu cangkir oatmeal matang, ada sekitar 4 gram serat yang mana serat memiliki sifat mengenyangkan. Dengan mengonsumsi oatmeal saat sarapan, itu akan membantu Anda kenyang lebih lama terutama jika oatmeal dikombinasikan dengan susu alih-alih air. Menu sarapan ini juga dapat mencegah Anda ngemil sebelum makan siang lho.

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2021 di Journal of Diabetes Investigation menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak serat memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang mengonsumsi lebih sedikit serat.

Ketika makanan tinggi serat seperti oatmeal selalu Anda masukkan ke dalam menu harian Anda, itu bisa menjaga gula darah tetap stabil yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

Baca Juga: Hari Diabetes Sedunia, Kenali 8 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi Ini

3. Buah-buahan

Buah-buahan

Makanan murah yang ampuh mencegah diabetes ketiga yaitu buah-buahan.

Buah-buahan menyediakan banyak serat, fitonutrien, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi buah-buahan setiap hari dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah studi tahun 2021 di BMJ Nutrition, Prevention, and Health menemukan bahwa buah-buahan khususnya apel, blueberry, kismis, dan anggur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

4. Sayuran

Brokoli

Makanan murah yang ampuh mencegah diabetes keempat yaitu sayuran.

Sayuran khususnya sayuran hijau dan tidak mengandung tepung bisa membantu mencegah diabetes. Sayuran seperti brokoli, kale, dan kubis brussel mampu memberikan vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh tetap bekerja dengan baik.

Sayuran-sayuran tersebut juga mengandung sulforaphane atau senyawa anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan pembuluh darah akibat diabetes sekaligus membantu mengontrol gula darah.

Sayuran lainnya yang patut Anda konsumsi untuk membantu mencegah diabetes adalah bayam. Sebagai sumber magnesium yang baik, bayam dapat membantu tubuh dalam menggunakan insulin untuk mengontrol kadar gula darah.

Itulah 4 makanan murah yang ampuh mencegah diabetes. Yuk, konsumsi lebih sering!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News