Keluarga

5 Cara Menghilangkan Komedo pada Pria, Mudah dan Efektif!

5 Cara Menghilangkan Komedo pada Pria, Mudah dan Efektif!

MOMSMONEY.ID - Pria harus tahu, ini 5 cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria.

Komedo bisa menyerang siapa saja, termasuk pria. Sama seperti wanita, komedo pada kulit wajah pria juga disebabkan oleh penumpukan bakteri, keratin, serta minyak berlebih.

Kebanyakan pria menganggap komedo sebagai hal sepele. Padahal, komedo yang dibiarkan menumpuk akan menjadi cikal bakal jerawat dan berpotensi menimbulkan masalah kulit yang lebih parah.

Alih-alih dibiarkan, alangkah baiknya Anda menerapkan 5 cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang dilansir dari laman Nivea berikut ini agar komedo tidak semakin banyak dan mengganggu penampilan.

Baca Juga: Simak 6 Cara Menggunakan Body Scrub yang Benar, Hasil Maksimal!

1. Hentikan kebiasaan menyentuh wajah

Cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang pertama yaitu menghentikan kebiasaan menyentuh wajah.

Pastikan untuk tidak menyentuh wajah Anda sembarangan, terutama ketika tangan berkeringat atau saat Anda belum mencuci tangan. Dengan begini, risiko munculnya komedo pun akan berkurang.

Ingat, telapak tangan serta kuku-kuku jari menyimpan ribuan kotoran dan bakteri tak terlihat. Apabila Anda sering menyentuh wajah, kotoran dan bakteri tersebut akan menempel pada wajah dan memunculkan komedo.

2. Rajin mencuci muka

Cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang kedua yaitu rajin mencuci muka.

Mencuci muka secara rutin akan membantu membersihkan kotoran penyebab komedo yang menumpuk di wajah.

Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci muka dua kali sehari. Pertama, pada pagi hari untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah semalaman. Kedua, pada malam hari setelah beraktivitas seharian. 

3. Kompres air hangat

Cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang ketiga yaitu kompres air hangat.

Kompres air hangat bisa membantu mengeluarkan komedo tanpa harus memencetnya. Caranya, basahi handuk bersih dengan air hangat lalu kompreskan pada wajah Anda selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan wajah menggunakan kain lembut dengan cara ditekan-tekan hingga seluruh sisa air terserap. 

Air hangat yang digunakan untuk mengompres wajah akan membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalamnya.  Selama dikompres air hangat, pori-pori wajah juga akan menjadi lebih lentur dan terbuka sementara. Hasilnya, komedo akan keluar sendiri tanpa harus dipencet-pencet.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Compact Powder yang Tepat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru

4. Eksfoliasi secara rutin

Cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang keempat yaitu eksfoliasi secara rutin.

Selain mencerahkan kulit kusam, eksfoliasi juga bisa membantu mengatasi komedo lho. Untuk hasil maksimal, cukup lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu pada malam hari alih-alih melebihi itu.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan scrub wajah maupun masker khusus yang bisa membantu mengangkat komedo serta kotoran dari dalam pori-pori.

5. Pakai skincare

Cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria yang kelima yaitu memakai skincare.

Komedo juga bisa lenyap dengan penggunaan produk skincare yang tepat. Umumnya, komedo cenderung menumpuk dan menyebar jika Anda malas membersihkan wajah, mengabaikan kotoran dan minyak berlebih pada wajah, serta tidak menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

Apabila Anda tidak mau wajah dipenuhi komedo dan berakhir dengan jerawat, gunakanlah rangkaian skincare yang mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori serta membunuh bakteri penyebab jerawat.  Untuk urutannya, mulailah dari face wash, toner, serum, pelembab, dan akhiri dengan sunscreen.  

Demikian 5 cara menghilangkan komedo pada kulit wajah pria. Cukup mudah, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News