Keluarga

5 Cara Memilih Compact Powder yang Tepat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru

5 Cara Memilih Compact Powder yang Tepat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak.

Compact powder atau bedak padat termasuk salah satu bentuk bedak yang digemari oleh banyak orang selain loose powder atau bedak tabur.

Meskipun identik dengan kulit kering, bukan berarti kulit berminyak tidak dapat menggunakan compact powder sama sekali.

Para pemilik kulit berminyak tetap bisa menggunakan compact powder asalkan bedak tersebut mengandung formula khusus untuk kulit berminyak.

Kira-kira, apa sajakah karakteristik compact powder yang aman untuk kulit berminyak supaya tidak salah pilih?

Dilansir dari Maybelline, inilah 5 cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Ini Penyebab Moms Sulit Tidur saat Hamil

1. Pilih compact powder dengan formula oil-control

Cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak pertama yaitu pilih compact powder dengan formula oil-control.

Kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous yang aktif dalam memproduksi minyak. Oleh sebab itu, pemilik kulit berminyak yang ingin menggunakan compact powder harus memilih produk yang mengandung formula oil-control.

Formula oil-control dalam compact powder akan membantu mengontrol minyak berlebih dan menjadikan kulit wajah bebas kilap.

Pertimbangkan untuk memilih compact powder dengan formula oil-control yang tahan lama guna mencegah Anda terlalu sering touch up.

2. Pastikan teksturnya ringan

Cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak kedua yaitu pastikan teksturnya ringan.

Tekstur compact powder terbaik untuk kulit berminyak ialah yang ringan dan halus.

Pasalnya, compact powder bertekstur ringan dan halus lebih mudah menyatu dengan kulit. Hasil akhirnya pun terlihat natural dan flawless.

Compact powder dengan tekstur yang ringan dan halus juga cenderung tidak menyumbat pori-pori. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir kulit akan dipenuhi komedo atau jerawat setelahnya.

3. Pilih compact powder yang memiliki hasil akhir matte

Cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak ketiga yaitu pilih compact powder yang memiliki hasil akhir matte.

Produksi minyak yang aktif dan berlebih pada kulit berminyak dapat membuat wajah mudah mengilap dan kusam.

Itulah mengapa penting untuk memilih compact powder yang memiliki hasil akhir matte agar kulit wajah Anda senantiasa tampak bersih dan cerah.

Sebaliknya, hindari compact powder yang memberikan hasil glowing karena bisa memperjelas tampilan pori-pori besar dan membuat wajah semakin mengilap.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Menggunakan Sheet Mask yang Tepat, Dapatkan Kulit Halus!

4. Utamakan compact powder dengan coverage medium

Cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak keempat yaitu utamakan compact powder dengan coverage medium.

Kebanyakan kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar. Nah, untuk membantu menyamarkan tampilan pori-pori yang demikian, pilihlah compact powder dengan coverage medium.

Namun, jika Anda terbiasa memakai foundation, pastikan untuk memilih compact powder dengan coverage yang ringan saja.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hasil makeup yang terlalu berat sekaligus meminimalkan potensi pori-pori tersumbat.

5. Pilih compact powder yang memiliki formula sweatproof

Cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak kelima yaitu pilih compact powder yang memiliki formula sweatproof.

Di tengah cuaca panas, kulit tidak hanya akan memproduksi minyak berlebih tetapi juga keringat. Apabila compact powder yang Anda pakai tidak memiliki formula yang tepat, itu akan membuat kulit Anda tampak seperti kilang minyak.

Selain oil-control, formula compact powder lainnya yang tepat untuk kulit berminyak adalah formula sweatproof.

Sesuai namanya, formula sweatproof dapat membantu menahan keringat supaya makeup tidak mudah luntur saat terpapar cuaca panas.

Setelah menemukan produk yang cocok, aplikasikanlah compact powder pilihan Anda dengan menggunakan spons atau powder brush usai membersihkan wajah, memakai pelembab, dan mengoleskan primer.

Baurkan compact powder ke seluruh wajah secara merata dan bubuhkan lebih banyak di area T-Zone untuk hasil maksimal.

Demikian 5 cara memilih compact powder yang tepat untuk kulit berminyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News