Bugar

4 Sayuran Penyebab Asam Urat, Mengandung Purin yang Tinggi

4 Sayuran Penyebab Asam Urat, Mengandung Purin yang Tinggi

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa sayuran penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari karena tinggi purin. Apa saja daftarnya?

Diet untuk penderita asam urat melibatkan pengurangan konsumsi makanan tinggi purin. Sayuran tertentu, meskipun secara luas dianggap sehat, dapat memiliki kandungan purin yang cukup tinggi yang bisa memicu asam urat.

Mengutip dari laman Halodoc, berikut adalah empat sayuran penyebab asam urat yang dikenal memiliki purin tinggi dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

1. Kembang Kol

Kembang kol termasuk dalam daftar sayuran yang harus dihindari oleh pengidap asam urat. Dalam 100 gram kembang kol, terkandung purin sebanyak 51 mg. Ini menjadikannya sebagai sayuran dengan purin tinggi yang dapat memicu peningkatan asam urat.

Baca Juga: Tape untuk Asam Lambung, Boleh atau Tidak untuk Dikonsumsi?

2. Bayam

Meskipun bayam kaya akan zat besi, vitamin C, lutein, beta-karoten, dan flavonoid, sayuran ini termasuk dalam daftar pantangan bagi pengidap asam urat. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, yakni sekitar 57 mg per 100 gram. Pengidap asam urat harus menghindari bayam untuk mencegah peningkatan kadar asam urat.

3. Asparagus

Asparagus, yang dikenal tinggi akan folat dan kalium, juga merupakan sayuran yang tidak disarankan untuk pengidap asam urat. Dalam 100 gram asparagus, terdapat sekitar 23 mg purin. Kandungan purin ini membuat asparagus menjadi sayuran yang berpotensi meningkatkan asam urat.

Baca Juga: 7 Pilihan Teh Herbal untuk Asam Lambung yang Terbaik, Apa Saja?

4. Brokoli

Berbeda dengan bayam dan asparagus, brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang rendah purin, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Namun, pengidap asam urat tetap harus memperhatikan jumlah konsumsi brokoli karena penggunaan yang berlebihan bisa memicu gejala asam urat.

Itulah daftar sayuran penyebab asam urat karena kandungan purinnya yang cukup tinggi. Penting bagi pengidap asam urat untuk menghindari sayuran tinggi purin ini dan memilih jenis sayuran lain yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain memperhatikan jenis sayuran, pengidap asam urat juga dapat mempertimbangkan pengobatan alami atau rekomendasi obat dari apotek untuk mengurangi nyeri sendi dan gejala lain yang terkait dengan asam urat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Buka Deposito di e-Deposito BCA, Ada Tawaran Bunga 3,25%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News