Bugar

Bisa Memperparah Gejala, Penderita Asam Urat Hindari Buah Tinggi Purin dan Fruktosa

Bisa Memperparah Gejala, Penderita Asam Urat Hindari Buah Tinggi Purin dan Fruktosa

MOMSMONEY.ID - Berikut adalah daftar buah tinggi purin dan fruktosa yang harus dihindari penderita asam urat. Apa saja?

Memilih buah yang tepat sangat penting bagi penderita asam urat. Asam urat merupakan kondisi yang terjadi akibat penumpukan kristal urat dalam sendi. Cara efektif untuk mengelola dan mencegah serangan asam urat adalah dengan mengatur pola makan, khususnya menghindari makanan dan buah yang tinggi purin dan fruktosa.

Mengutip dari laman Very Well Health dan Hindustan Times, berikut adalah beberapa buah tinggi purin dan fruktosa yang harus dihindari oleh penderita asam urat karena dapat memperparah gejala:

1. Anggur

Sebagai sumber purin yang cukup tinggi, anggur juga memiliki kandungan fruktosa yang bisa memicu peningkatan produksi asam urat. Terdapat bukti yang menunjukkan hubungan antara konsumsi makanan tinggi fruktosa dengan peningkatan risiko asam urat dan gejala terkait nyeri kronis.

Baca Juga: Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Apa Saja?

2. Nangka

Buah tropis ini meskipun kaya akan nutrisi seperti vitamin C, asam folat, magnesium, dan kalium, namun diketahui memiliki kadar purin yang tinggi. Hal ini membuat nangka tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat untuk menghindari kekambuhan.

3. Kismis

Buah ini merupakan hasil pengeringan dari anggur dan diketahui memiliki kandungan purin yang signifikan. Kadar asam urat dapat mengalami peningkatan jika Anda mengonsumsi kismis dan anggur secara berlebihan. Selain itu, kismis juga kaya akan fruktosa, dengan kandungan sekitar 26,54 gram per 100 gram.

Baca Juga: Mudah! Begini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Asam Urat di Kaki

4. Durian

Dikenal dengan kandungan kolesterolnya, durian juga sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki masalah dengan asam urat. Buah yang dikenal dengan aroma khasnya yang kuat ini ternyata memiliki kandungan purin yang relatif tinggi. Konsumsi durian secara berlebihan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

5. Kurma

Buah kurma memiliki kandungan purin yang rendah, namun kandungan fruktosanya yang tinggi dapat berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

6. Nanas

Walaupun buah ini kaya akan serat dan vitamin, gula alami yang terkandung di dalamnya dapat berubah menjadi alkohol dalam sistem pencernaan. Hal ini kemudian dapat meningkatkan kadar asam urat.

7. Sawo

Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung fruktosa sebanyak 8,6 gram per 100 gram, sehingga perlu dihindari oleh penderita asam urat.

Nah, itulah beberapa buah tinggi purin dan fruktosa yang harus dihindari penderita asam urat. Penting untuk penderita asam urat memperhatikan asupan makanannya, termasuk buah-buahan, untuk mengelola kadar asam urat dalam darah dan menghindari kekambuhan asam urat. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News