Keluarga

4 Manfaat Keju Ricotta untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan!

4 Manfaat Keju Ricotta untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 manfaat keju ricotta untuk kesehatan di sini.

Belakangan, keju ricotta banyak diperbincangkan berkat tren diet Tiffany Plate. Keju ricotta sendiri merupakan salah satu jenis keju yang terbuat dari protein whey susu sapi, kambing, atau domba. Untuk karakteristiknya, keju ricotta memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang ringan dan sedikit manis.

Sering dianggap sebagai salah satu keju tersehat, keju ricotta mengandung 9 asam amino esensial, protein, kalsium, dan selenium. Tak sampai di situ, keju asal Italia ini juga mengandung vitamin B6, asam pantotenat, zat besi, dan magnesium.

Mengingat nutrisinya yang melimpah, sudah pasti manfaat yang ditawarkan keju ricotta juga melimpah. Cenderung bagus untuk diet, berikut 4 manfaat keju ricotta untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Dr. Axe.

Baca Juga: 5 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Wajah, Cerahkan Kulit!

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat keju ricotta untuk kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan tulang.

Keju ricotta adalah sumber kalsium. Kalsium sendiri merupakan bagian integral dari pembentukan dan metabolisme tulang.

Setiap porsi keju ricotta juga kaya akan fosfor, mineral lain selain kalsium yang berperan penting dalam kesehatan tulang. Fosfor terlibat dalam banyak fungsi yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan sangat penting untuk menjaga integritas serta perkembangan tulang. Saat tubuh kekurangan mikronutrien ini, itu dapat menyebabkan masalah seperti pelunakan tulang, pengeroposan tulang, dan rakitis.

2. Membantu memenuhi asupan protein

Manfaat keju ricotta untuk kesehatan yang kedua yaitu membantu memenuhi asupan protein.

Keju ricotta sarat dengan protein. Dalam setengah cangkir keju ricotta, terdapat sekitar 14 gram protein. Protein sendiri sangat penting untuk beberapa aspek kesehatan termasuk pertumbuhan, perkembangan, fungsi kekebalan tubuh, kekuatan otot, dan banyak lagi.

Saat tubuh Anda kekurangan protein, itu dapat berdampak buruk pada kesehatan dan menyebabkan banyak efek samping seperti rambut rontok, kelaparan, pertumbuhan terhambat, serta gangguan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan protein harian dengan baik yang Moms. Caranya, Anda bisa mengombinasikan keju ricotta dengan makanan berprotein lainnya seperti daging, ikan, unggas, atau kacang-kacangan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Ceramide untuk Kulit, Cegah Penuaan!

3. Mendukung penurunan berat badan

Manfaat keju ricotta untuk kesehatan yang ketiga yaitu mendukung penurunan berat badan.

Keju ricotta bisa menjadi tambahan yang bagus untuk menurunkan berat badan dengan sehat. Selain relatif rendah kalori, keju ricotta juga tinggi protein dan mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Meningkatkan asupan protein sendiri merupakan salah satu metode yang efektif untuk membantu mendorong penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, peningkatan asupan protein sebesar 15% mampu menyebabkan penurunan yang signifikan dalam konsumsi kalori, berat badan, dan massa lemak pada peserta penelitian. Plus, protein dapat menurukan kadar ghrelin atau hormon yang bertugas merangsang rasa lapar.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat keju ricotta untuk kesehatan yang keempat yaitu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa protein whey yang digunakan untuk membuat keju ricotta dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah. Sebuah studi tahun 2016 di Inggris, misalnya, menunjukkan bahwa suplementasi protein whey selama 8 minggu mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sekaligus meningkatkan penanda kesehatan jantung lainnya.

Studi lain di Food Science & Nutrition memiliki temuan serupa dan melaporkan bahwa protein whey dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keju ricotta juga kaya akan fosfor. Selain bagus untuk tulang, fosfor juga bisa mengatur tingkat tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan fosfor dan mineral lainnya seperti magnesium dan kalsium dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah secara efektif.

Itulah 4 manfaat keju ricotta untuk kesehatan yang patut Anda catat. Kendati kaya manfaat, namun perlu diingat bahwa keju ricotta mengandung laktosa atau sejenis gula susu yang tidak dapat dicerna oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Ricotta cheeese juga tinggi lemak jenuh. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh tidak terkait langsung dengan penyakit jantung, namun mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan memicu penurunan kepadatan tulang. Oleh sebab itu, penting untuk membatasi asupan keju ricotta dan nikmatilah bersama berbagai lemak sehat termasuk asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda.

Selanjutnya: 9 Cara Cepat Tidur Nyenyak untuk Menghindari Kebiasaan Begadang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News