Bugar

10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Diabetes jadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang di seluruh dunia. Penyakit ini cukup berbahaya bahkan bisa meregang nyawa jika disepelekan. Tidak banyak yang tahu pengaruh diabetes pada tubuh secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Momsmoney akan mengulas pengaruh diabetes pada tubuh yang perlu Anda ketahui pada kesempatan kali ini, bersumber dari Medical News Today. Yuk, simak selengkapnya!

1. Sistem Kardiovaskular dan Peredaran Darah

Kadar glukosa darah tinggi dapat merusak seluruh bagian sistem kardiovaskular. Diabetes memiliki hubungan erat dengan masalah kardiovaskular.

Kelebihan gula darah dapat menurunkan elastisitas pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan, menghambat aliran darah, yang dapat menyebabkan suplai darah dan oksigen berkurang. Hal ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kerusakan pada pembuluh darah besar dan kecil.

Baca Juga: Olahraga Baik untuk Otak Manusia, Yuk Intip Penjelasannya dari Studi

2. Luka dan Infeksi

Sirkulasi yang buruk mempengaruhi kemampuan tubuh untuk sembuh dari luka atau infeksi, karena pasokan darah, oksigen, dan nutrisi yang rendah.

Orang dengan diabetes harus memeriksa kulit mereka secara teratur untuk luka dan mengunjungi dokter jika mengalami tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, bengkak, atau demam.

3. Sistem Saraf

Neuropati, atau kerusakan saraf, adalah komplikasi umum diabetes. Sekitar 10-20% orang dengan diabetes awal akan mengalami kerusakan saraf, dengan kemungkinan meningkat seiring waktu.

Neuropati dapat mempengaruhi setiap bagian dari sistem saraf, termasuk saraf yang mengontrol fungsi otonom seperti pencernaan. Neuropati perifer adalah bentuk yang paling umum, menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di ekstremitas, terutama kaki dan tangan.

Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK) mencatat bahwa hingga setengah orang dengan diabetes memiliki neuropati perifer, dan lebih dari 30% memiliki neuropati otonom.

Kehilangan sensasi pada neuropati dapat membuat seseorang tidak menyadari luka kecil, yang dapat berkembang menjadi infeksi parah.

Baca Juga: Khasiat Bayam untuk Asam Lambung, Cek 8 Sayuran yang Direkomendasikan Lainnya

4. Ginjal dan Sistem Kemih

Kadar gula darah tinggi seiring waktu dapat merusak pembuluh darah di ginjal, mencegah ginjal menyaring limbah dari darah, dan berpotensi menyebabkan gagal ginjal.

Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal, mempengaruhi 1 dari 3 orang dengan diabetes. Nefropati diabetik adalah penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes.

5. Penglihatan

Diabetes meningkatkan risiko berbagai masalah mata, termasuk glaukoma, retinopati diabetik, edema makula, dan katarak. Pengelolaan gula darah yang baik dan pemeriksaan mata rutin dapat membantu melindungi kesehatan mata.

6. Sistem Pencernaan

Kerusakan pada sistem saraf dapat mempengaruhi fungsi pencernaan, menyebabkan gastroparesis, yaitu gangguan pada kemampuan sistem pencernaan untuk memindahkan makanan dari lambung ke usus kecil.

Kondisi ini dapat menyebabkan mual, muntah, refluks asam, kembung, sakit perut, dan penurunan berat badan.

7. Kesehatan dan Kesuburan Seksual

Kerusakan pembuluh darah dan sistem saraf dapat memengaruhi fungsi seksual. Disfungsi ereksi lebih umum pada pria dengan diabetes dan dapat muncul lebih awal dibandingkan pada mereka tanpa diabetes.

Diabetes juga dapat mempengaruhi kesuburan pada pria dan wanita serta meningkatkan risiko masalah kesuburan dan komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Benarkah Jeruk Lemon untuk Asam Lambung itu Aman? Ini Cara Konsumsinya

8. Kulit

Diabetes terkait dengan berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, acanthosis nigricans, infeksi bakteri dan jamur, gatal, dermopati diabetik, lepuh, dan psoriasis.

Ulkus dapat berkembang jika infeksi kulit menjadi parah, dengan risiko komplikasi serius termasuk amputasi.

9. Masalah Metabolisme

Ketoasidosis diabetik (DKA) dan keadaan hiperglikemik hiperosmolar (HHS) adalah komplikasi akut diabetes yang mengancam jiwa.

DKA terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk energi, memecah lemak dan melepaskan keton, membuat darah terlalu asam. HHS terjadi ketika gula darah sangat tinggi, menyebabkan dehidrasi, kebingungan, dan kehilangan kesadaran.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

10. Kesehatan Mental

Diabetes dapat memengaruhi kesehatan mental, menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi. Pengetahuan yang baik tentang diabetes dapat mengurangi stres, meningkatkan kontrol atas penyakit, dan mendukung kesehatan mental.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait pengaruh diabetes pada tubuh Anda yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News