Bugar

12 Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat, Hindari agar Tidak Kambuh

12 Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat, Hindari agar Tidak Kambuh

MOMSMONEY.ID - Sudah jadi rahasia umum apabila beberapa jenis makanan dapat memicu asam urat. Khususnya bagi penderita asam urat, sangat penting untuk memilah dan memilih makanan yang dikonsumsi. Namun, apa saja sih makanan yang dilarang untuk asam urat sebenarnya?

Momsmoney akan menguraikan beberapa makanan yang dilarang untuk asam urat sebagai berikut, merangkum dari laman Healthline dan Very Well Health:

1. Daging merah dan jeroan

Daging merah seperti sapi, kambing, dan domba, serta jeroan (hati, ginjal, dan jantung) tinggi kandungan purin, yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Konsumsi makanan ini sebaiknya dibatasi atau dihindari sama sekali.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 9 Pilihan Tanaman Obat Asam Urat yang Dapat Dikonsumsi

2. Seafood tertentu

Beberapa jenis seafood, seperti udang, kerang, dan ikan sarden, memiliki kandungan purin yang tinggi. Mengonsumsi seafood ini dapat meningkatkan risiko serangan asam urat, sehingga sebaiknya dihindari.

3. Minuman beralkohol

Alkohol, khususnya bir, dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkannya. Menghindari atau membatasi konsumsi alkohol dapat membantu mengelola asam urat.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

4. Minuman manis dan produk berfruktosa tinggi

Minuman manis yang mengandung fruktosa tinggi, seperti soda, dapat memicu peningkatan kadar asam urat. Makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi juga harus dihindari.

5. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak, terutama yang mengandung lemak jenuh dan trans, dapat meningkatkan inflamasi dan risiko serangan asam urat. Pilih sumber lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

6. Produk susu tinggi lemak

Produk susu tinggi lemak, seperti keju berlemak dan krim, juga sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, pilih produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

7. Makanan dan minuman berpengawet

Makanan olahan yang mengandung pengawet dan aditif bisa memperburuk asam urat. Hindari makanan kaleng, makanan beku, dan makanan cepat saji yang umumnya tinggi purin dan aditif.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

8. Durian

Durian, meskipun sangat populer dan disukai banyak orang karena rasanya yang lezat, diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah zat yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi durian agar tidak memicu kenaikan kadar asam urat.

9. Buah-buahan yang tinggi fruktosa

Buah-buahan yang mengandung fruktosa tinggi seperti mangga, anggur, dan pisang sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati oleh penderita asam urat.

Fruktosa adalah jenis gula yang bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Meskipun buah-buahan ini memiliki manfaat kesehatan, porsi yang dikonsumsi harus dibatasi untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat atau Tidak? Yuk, Cek Faktanya di Sini

10. Rambutan

Rambutan termasuk dalam daftar buah yang perlu diwaspadai oleh mereka yang mengidap asam urat. Meskipun terkenal dengan kelezatannya, harga yang ekonomis, dan beragam manfaat kesehatannya, rambutan memiliki kadar gula alami yang relatif tinggi.

Ditambah lagi, rambutan bisa memiliki efek alkoholik, terutama jika dikonsumsi dalam kondisi terlalu matang. Kadar gula yang tinggi bersamaan dengan efek alkoholik dari rambutan inilah yang dapat menimbulkan risiko bagi individu dengan kondisi asam urat.

11. Nanas

Nanas adalah buah yang kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya, namun juga mengandung fruktosa yang relatif tinggi. Bagi beberapa orang, konsumsi nanas bisa memicu peningkatan kadar asam urat, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

12. Tomat

Tomat mengandung purin, yang bisa meningkatkan kadar asam urat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat bisa berpengaruh pada peningkatan asam urat dalam darah.

Itulah daftar makanan yang dilarang untuk asam urat. Memahami makanan yang dilarang dan makanan yang aman dikonsumsi dapat membantu penderita asam urat mengelola kondisi mereka dan mengurangi frekuensi serangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News