Bugar

Tak Banyak yang Tahu, Ini 9 Pilihan Tanaman Obat Asam Urat yang Dapat Dikonsumsi

Tak Banyak yang Tahu, Ini 9 Pilihan Tanaman Obat Asam Urat yang Dapat Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, kristal urat bisa terbentuk di sendi, menyebabkan nyeri yang sangat mengganggu. Namun, alam menyediakan berbagai pilihan tanaman obat asam urat yang efektif menangani kondisi ini.

Menyadur dari laman Kementerian Kesehatan, di bawah ini ini adalah sembilan tanaman obat asam urat yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Brotowali

Dikenal sebagai tanaman herbal yang meningkatkan sistem imun (immuno-modulator), brotowali juga membantu meringankan gejala asam urat dan bermanfaat untuk kondisi lain seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Daftar Kopi yang Aman untuk Asam Lambung, Ada 6 Pilihan Terbaik

2. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan polifenol dan antioksidan yang mencegah serangan asam urat. Studi dari Universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada penderita asam urat.

3. Sidaguri

Sidaguri adalah tanaman liar yang mengandung alkaloid ephedrine, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan termasuk efek mendinginkan badan, melancarkan pencernaan, dan merangsang produksi urine. Sidaguri juga efektif untuk mengatasi asam urat dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga: Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

4. Habatusauda

Dikenal juga sebagai jintan hitam, habatusauda telah digunakan selama lebih dari 2000 tahun oleh peradaban Yunani dan Timur Tengah untuk beragam tujuan pengobatan.

Karena sifat anti-inflamasinya, habatusauda sangat efektif untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Manfaat lain dari habatusauda termasuk meredakan asma, mengatasi flu dan alergi, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, serta pencegahan kanker.

5. Sambiloto

Walaupun rasanya pahit, sambiloto kaya akan zat kimia seperti alkane, keton, aldehid, flavonoid, serta mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan natrium.

Tanaman ini memiliki sifat antinyeri dan anti-inflamasi yang kuat. Cara menggunakan sambiloto untuk asam urat adalah dengan membuat rebusan dari daun kering sambiloto bersama dengan bahan-bahan lain seperti temulawak dan lada.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

6. Legundi

Bunga dan daun legundi sangat efektif dalam mengendalikan rasa sakit dan inflamasi yang berkaitan dengan kondisi seperti radang sendi dan sciatica.

7. Kumis Kucing

Tanaman ini terkenal sebagai penghancur batu ginjal dan memiliki sifat diuretik yang membantu mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urine. Cara penggunaannya adalah dengan mengonsumsi rebusan dari daun kumis kucing kering.

Baca Juga: Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat atau Tidak? Yuk, Cek Faktanya di Sini

8. Daun Salam

Daun salam terkenal dalam dunia kuliner, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Rebusan daun salam dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi kadar asam urat.

9. Jahe Merah

Jahe merah memiliki khasiat anti-inflamasi yang kuat, sehingga membantu mengurangi peradangan di sendi dan melancarkan sirkulasi darah untuk membuang tumpukan asam urat.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

Nah, itulah daftar tanaman obat asam urat yang dapat Anda konsumsi. Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda tetap dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Obat herbal di atas dapat menjadi pilihan alternatif pengobatan asam urat Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News