Bugar

9 Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung, Mau Coba yang Mana?

9 Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung, Mau Coba yang Mana?

MOMSMONEY.ID - Apa saja menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung? Simak daftarnya berikut ini, yuk.

Mengelola asam lambung tidak hanya bergantung pada pengobatan medis, tetapi juga pada apa yang Anda makan setiap hari. Memilih makanan yang tepat bisa membantu meredakan gejala dan mencegah iritasi lebih lanjut pada kerongkongan.

Lantas, apa saja menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung? Merangkum dari laman Klik Dokter dan Nutriflakes, berikut adalah menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang layak dicoba:

1. Ayam tanpa kulit

Ayam merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak jika dimasak tanpa kulit. Hindari menggoreng ayam dan lebih baik rebus atau kukus sebagai cara masak yang lebih sehat.

Baca Juga: Mau Kurus dan Langsing? Konsumsi 12 Makanan untuk Diet yang Enak dan Sehat Berikut

2. Ikan

Ikan adalah sumber protein tinggi yang juga kaya akan omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Pilihlah ikan seperti salmon, tuna, atau ikan nila, dan masak dengan cara dikukus atau direbus agar lebih sehat.

3. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik dan rendah lemak. Makanan ini juga mengandung serat yang dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan lambung.

Baca Juga: Amankah Sawi Putih untuk Asam Lambung? Ini 7 Sayuran Terlarang untuk Asam Lambung

4. Sayuran

Konsumsi sayur-sayuran hijau seperti brokoli, kubis, bayam, sawi, kacang polong, kacang hijau, atau kol dapat sangat bermanfaat.

Penelitian dari University of Maryland Medical Center menunjukkan, sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, K, asam folat, kalsium, mineral, dan zat besi, yang semuanya mendukung pencernaan yang sehat dan membantu menjaga kestabilan asam lambung.

5. Udang rebus

Udang merupakan sumber protein yang rendah lemak dan rendah kalori, cocok untuk penderita asam lambung. Pastikan untuk memasak udang tanpa menggunakan bumbu yang terlalu pedas atau asam.

Baca Juga: Intip Cara Membuat Bubur Kacang Hijau untuk Asam Lambung Berikut, Mau Coba?

6. Sup bayam

Sayuran ini adalah pilihan yang sangat baik karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang mendukung kesehatan pencernaan. Saat memasak bayam, pastikan untuk memasaknya sampai lunak dan matang sempurna untuk memudahkan pencernaan.

7. Kentang tumbuk (mashed potato)

Sebagai sumber karbohidrat kompleks, kentang tumbuk adalah pilihan yang baik karena teksturnya yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan iritasi lambung. Pilihlah kentang yang sudah lembut dan hindari menambahkan bahan tinggi lemak seperti mentega, keju, atau krim.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Tidak Boleh Konsumsi Jus Ini, Cek Ada Apa Saja!

8. Nasi Tim

Ini adalah pilihan makanan yang ideal bagi penderita asam lambung karena teksturnya yang lembut, yang memudahkan proses pencernaan. Ingatlah untuk mengonsumsi dalam jumlah yang wajar untuk menjaga kenyamanan lambung.

Tambahkan sumber protein seperti tempe, tahu, ikan, atau dada ayam untuk memenuhi kebutuhan protein.

9. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan yang sangat baik karena mengandung banyak nutrisi esensial seperti serat, protein, dan mineral. Oatmeal dikenal dapat menyerap kelebihan asam di lambung, sehingga membantu mengatasi masalah asam lambung.

Tambahkan buah-buahan kaya serat seperti pisang dan yogurt untuk meningkatkan rasa serta nilai gizinya.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Nanas untuk Kolesterol, Ketahui 14 Buah Penurun Kolesterol Lainnya

Tips mengonsumsi menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung dengan aman

  • Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau digoreng.
  • Pilihlah metode pengolahan yang sehat, seperti merebus atau mengukus.
  • Jangan makan terlalu cepat atau terlalu banyak dalam satu waktu.
  • Perhatikan reaksi tubuh terhadap makanan tertentu dan hindari makanan yang memicu gejala asam lambung.

Demikianlah beberapa daftar menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba.

Dengan memilih menu makanan yang tepat dan memperhatikan cara pengolahan yang sehat, Anda dapat tetap menikmati makanan yang enak tanpa meningkatkan risiko asam lambung naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News