Bugar

11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

MOMSMONEY.ID - Sudah menjadi favorit banyak orang, rupanya ini manfaat minum teh bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

Teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Minuman ini bukan hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.

Menyadur dari laman Health Shots, inilah beberapa manfaat minum teh bagi kesehatan Anda:

1. Mengandung Antioksidan

Teh kaya akan antioksidan seperti katekin dan flavonoid. Zat ini membantu melawan stres oksidatif dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan demikian, teh dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Salah Satunya Kurang Gerak

2. Meningkatkan Pencernaan

Teh herbal seperti jahe, peppermint, dan chamomile dikenal dapat membantu sistem pencernaan. Teh ini bisa meredakan masalah seperti kembung, gangguan pencernaan, dan mual.

3. Meningkatkan Relaksasi

Teh mengandung L-theanine, yang membantu Anda merasa rileks tanpa menyebabkan kantuk. Ini membuat teh menjadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran di tengah kesibukan Anda.

4. Menyehatkan Jantung

Teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Minyak Goreng untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek di Sini

5. Menurunkan Berat Badan

Beberapa senyawa dalam teh, seperti katekin dan kafein, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu dalam upaya menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Teh mengandung kafein dalam jumlah kecil yang dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan menjaga kewaspadaan sepanjang hari.

7. Mengurangi Stres

Banyak orang merasa lebih tenang setelah minum secangkir teh hangat. Proses menyeduh dan menyeruput teh bisa memberikan efek menenangkan yang mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga: Apa Saja Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Gula ya? Ini 12 Tandanya

8. Menyehatkan Mulut

Teh mengandung fluoride dan tanin yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Namun, sebaiknya minum teh tanpa gula untuk menjaga kesehatan gigi.

9. Menghidrasi

Minum teh juga berkontribusi pada asupan cairan harian, yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selain air putih.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh, terutama teh herbal, bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh melawan infeksi lebih baik.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat, Sebaiknya Batasi Konsumsinya

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam teh membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan polusi, yang membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

Itulah beberapa manfaat minum teh bagi kesehatan Anda. Meskipun demikian, rupanya terdapat pula sejumlah efek samping dari minum teh. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kafein dalam teh bisa menyebabkan kegelisahan, detak jantung cepat, dan gangguan tidur pada orang yang sensitif terhadap kafein.
  • Tanin dalam teh bisa mengganggu penyerapan mineral seperti zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi agar penyerapan mineral tetap optimal.
  • Minum teh terlalu banyak, terutama saat perut kosong, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung atau memicu asam lambung naik bagi sebagian orang.
  • Teh mengandung pigmen yang, seiring waktu, dapat menyebabkan gigi menjadi berwarna kekuningan, sehingga memerlukan perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan gigi.
  • Karena teh bisa memengaruhi penyerapan kalsium, disarankan untuk memastikan asupan makanan kaya kalsium cukup bagi mereka yang sering minum teh, agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Baca Juga: Masih Bisa Minum Kopi, Ini Pilihan Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Semoga informasi terkait manfaat minum teh bagi kesehatan Anda di atas bermanfaat, ya.

Selanjutnya: 4 Promo HUT Mandiri 1-14 Oktober 2024 Belanja di Hypermart, Indomaret, Alfamidi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News