Bugar

Apa Saja Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Gula ya? Ini 12 Tandanya

Apa Saja Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Gula ya? Ini 12 Tandanya

MOMSMONEY.ID - Wajib waspada. Begini tanda-tanda tubuh kelebihan gula ya. 

Gula seringkali tersembunyi dalam makanan  dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. terlalu banyak gula dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan gula? Melansir dari Everyday Health, berikut adalah beberapa tanda yang perlu Anda waspadai:

1. Sering lapar dan berat badan naik

Keri Stoner-Davis, RDN dari Lemond Nutrition, menekankan bahwa gula tidak mengenyangkan, sehingga dapat meningkatkan rasa lapar.

Jessica Cording, seorang ahli diet, menambahkan bahwa tanpa kandungan protein, serat, dan lemak sehat, tubuh dapat membakar gula dengan cepat. Hal ini memicu ngemil yang tidak terkendali yang bisa berujung pada kenaikan berat badan.

Baca Juga: Lebih Sehat Air Galon atau Air Rebusan? Cek Jawabannya di Sini

2. Gampang marah

Studi menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi bisa meningkatkan peradangan, memperburuk mood, dan memicu gejala depresi. Cording menjelaskan, gula dapat membuat Anda merasa lesu dan mudah tersinggung.

3. Gampang lelah

Gula dicerna dengan cepat, sehingga menyebabkan rasa lelah. Fluktuasi besar dalam gula darah dan insulin juga mempengaruhi tingkat energi tubuh Anda, menurut Dr. Li.

4. Makanan tidak terasa cukup manis

Menurut Cording, kebiasaan mengonsumsi gula tinggi bisa membuat otak terbiasa dengan tingkat kemanisan yang tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda merasa makanan kurang manis terus-menerus padahal sebenarnya sudah manis.

5. Ingin makan manis terus

Jika Anda sering mendapati diri Anda terus-menerus mengidam permen, kemungkinan Anda sedang merasakan efek dari gula yang menstimulasi pusat kesenangan otak.

Gula memicu peningkatan dopamine yang membuat Anda ingin terus mengonsumsi lebih banyak gula dan terjebak dalam siklus keinginan yang tidak berkesudahan.

Baca Juga: 18 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Paling Efektif

6. Memicu tekanan darah tinggi

Adapun konsumsi gula yang berlebihan dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Dr. Li menekankan bahwa meskipun belum ada bukti langsung, gula tinggi dapat merusak pembuluh darah, yang pada gilirannya bisa meningkatkan tekanan darah.

7. Penyebab jerawat dan keriput

Terlalu banyak gula juga dapat memperparah kondisi kulit seperti jerawat dan keriput, menurut American Academy of Dermatology. Hal ini karena gula mempengaruhi resistensi insulin dan proses penuaan kulit.

8. Nyeri sendi

Nyeri sendi juga bisa merupakan tanda-tanda tubuh kelebihan gula. Survei menunjukkan bahwa seseorang dengan rheumatoid arthritis sering merasakan peningkatan gejala setelah mengonsumsi soda dan makanan manis.

Cording menambahkan bahwa peradangan sistemik yang diakibatkan oleh gula berlebih bisa menjadi salah satu penyebabnya.

9. Kualitas tidur yang buruk

Kualitas tidur yang buruk juga bisa dikaitkan dengan asupan gula yang tinggi. Siklus tidur yang terganggu dan masalah tidur lainnya sering terjadi pada mereka yang mengonsumsi gula berlebih. Hal ini terkait dengan kontrol glikemik yang buruk, yang bisa mengacaukan pola tidur Anda.

Baca Juga: Catat Daftarnya! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

10. Gangguan pencernaan

Masalah pencernaan sering kali berkaitan dengan konsumsi gula yang tinggi, yang dapat mengiritasi usus dan memperburuk kondisi pencernaan tertentu, menurut Stoner-Davis.

11. Mempengaruhi fungsi kognitif

Asupan gula yang berlebihan bisa mempengaruhi fungsi kognitif, mempengaruhi kesehatan mental, fokus, dan memori.

12. Kerusakan gigi

Kerusakan gigi adalah tanda klasik dari konsumsi gula yang berlebih. Bakteri di mulut kita senang memakan gula sederhana.

Stoner-Davis menyarankan untuk berkumur dengan air setelah mengonsumsi makanan manis atau menggabungkannya dengan makanan yang melindungi gigi seperti wortel atau susu untuk membatasi kerusakan.

Itulah tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang perlu Anda waspadai. Mulai sekarang batasi konsumsi gula demi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Promo JSM Hypermart Periode 27-30 September 2024, Sosis-Bakso Sapi Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News