Keluarga

6 Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur, Salah Satunya Minum Teh

6 Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur, Salah Satunya Minum Teh

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang mudah dan efektif di sini.

Selain olahraga teratur dan menjaga pola makan, ternyata rutinitas sebelum tidur juga bisa membantu menurunkan berat badan lho.

Terbilang mudah namun efektif, Anda bisa menurunkan berat badan sebelum tidur dengan cara minum teh hingga mematikan lampu.

Selengkapnya, berikut 6 cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang mudah dan efektif sebagaimana dilansir dari Eat This, Not That!

Baca Juga: Tetap Waspada, 5 Gunung Api di Indonesia Ini dalam Status Siaga

1. Minum teh rooibos

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang pertama yaitu minum teh rooibos.

Minum secangkir teh rooibos sebelum tidur ternyata bisa membantu membakar lemak perut lho, Moms. Bebas kafein, teh rooibos secara alami dibuat dari daun tanaman "semak merah” yang ditanam secara eksklusif di Afrika Selatan.

Dalam teh rooibos, ada kandungan flavonoid unik dan kuat yang disebut aspalathin. Penelitian menunjukkan bahwa aspalathin mampu menurunkan hormon stres yang memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak, sehingga menjadikan teh rooibos sebagai salah satu minuman pembakar lemak terbaik.

2. Makan keju cottage

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang kedua yaitu makan keju cottage.

Menghindari makanan sepenuhnya sebelum tidur sebenarnya bisa berdampak buruk bagi tujuan penurunan berat badan. Pertama, tidur dengan perut keroncongan membuat sulit tidur. Kedua, orang yang terbangun dalam keadaan lapar lebih besar kemungkinannya untuk sarapan dalam porsi besar.

Sebagai solusi, makanlah sedikit keju cottage sebelum tidur. Tidak hanya kaya akan protein kasein yang memperlambat pencernaan, keju cottage juga mengandung asam amino triptofan yang meningkatkan kualitas tidur.

3. Lakukan latihan ketahanan

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang ketiga yaitu melakukan latihan ketahanan.

Latihan ketahanan sebelum tidur benar-benar dapat membantu mengoptimalkan penurunan berat badan saat tidur.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition, subjek yang melakukan latihan ketahanan menikmati tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi rata-rata 16 jam setelah latihan. Jadi, jika Anda biasanya berolahraga di pagi hari, maka penurunan berat badan saat mengantuk tidak akan terpengaruh oleh lonjakan metabolisme tersebut.

Baca Juga: Tips Pemasaran Jitu Menarik Pasar Luar Negeri

4. Konsumsi protein shake

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang keempat yaitu mengonsumsi protein shake.

Mengonsumsi protein shake sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme, menurut sebuah penelitian di Florida State University. Para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi camilan di malam hari yang mengandung 30 gram protein whey atau kasein memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi pada keesokan paginya dibandingkan ketika tidak makan apapun.

Protein sendiri lebih termogenik daripada karbohidrat atau lemak, yang berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori untuk mencernanya.

5. Hirup aroma peppermint

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang kelima yaitu hirup aroma peppermint.

Ternyata, aroma tertentu bisa membuat mulut berair dan aroma lain justru bisa menekan nafsu makan Anda lho, Moms. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Neurological and Orthopaedic Medicine menemukan bahwa orang yang menghirup aroma peppermint setiap dua jam kehilangan rata-rata berat badannya sebesar 5 pon sebulan.

Jadi, pertimbangkan untuk menyalakan lilin aroma peppermint sebelum tidur untuk memenuhi ruangan Anda dengan aroma yang melangsingkan. Jika Anda tidak ingin repot meniup lilin sebelum menarik selimut, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke bantal Anda. Atau, minumlah secangkir kecil teh peppermint yang mana ini merupakan salah satu teh terbaik untuk menurunkan berat badan.

6. Matikan lampu

Cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang keenam yaitu mematikan lampu.

Paparan cahaya di malam hari tidak hanya mengganggu peluang Anda untuk tidur dengan nyenyak, tetapi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Subjek penelitian yang tidur di ruangan paling gelap memiliki kemungkinan 21% lebih kecil untuk mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur di ruangan paling terang.

Demikian 6 cara menurunkan berat badan sebelum tidur yang mudah dan efektif. Jangan lupa dicoba ya, Moms!

Selanjutnya: Ganjil Genap Jakarta Malam Minggu, Apakah Berlaku?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News