Keluarga

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Minum Teh Hijau Setiap Hari, Benarkah Aman?

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Minum Teh Hijau Setiap Hari, Benarkah Aman?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan di sini.

Teh hijau merupakan salah satu minuman paling populer di dunia dan telah dinikmati banyak orang selama ribuan tahun.

Di balik popularitasnya, ada banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan teh hijau terutama saat diminum setiap hari.

Termasuk menurunkan kolesterol, berikut 5 manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: 5 Penyebab Wajah Terlihat Tua dari Usia Sebenarnya, Nomor 2 Mencengangkan!

1. Peradangan berkurang

Manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan yang pertama yaitu mengurangi peradangan.

Peradangan atau inflamasi adalah reaksi alami tubuh terhadap cedera dan infeksi. Meskipun peradangan jangka pendek adalah hal yang normal dalam hidup, namun peradangan yang berkepanjangan dapat menjadi kronis dan menumpuk di seluruh tubuh. Sehingga, berpotensi menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker.

Untungnya, menyeruput secangkir teh hijau hangat setiap hari dapat membantu mengelola peradangan. Memiliki profil antioksidan yang sangat baik, teh hijau kaya akan polifenol yang memberikan kontribusi sifat antioksidan dan anti-inflamasi tambahan.

Sebuah studi tahun 2022 yang dilakukan pada 40 peserta di Ohio State University menemukan bahwa ekstrak teh hijau mampu menurunkan gula darah serta menurunkan peradangan dan permeabilitas usus, baik pada orang sehat maupun orang dengan sindrom metabolik.

2. Fungsi otak membaik

Manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan yang kedua yaitu mendukung fungsi otak.

Menurut American Heart Association, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau bersamaan dengan pola makan yang menyehatkan jantung dapat meningkatkan beberapa fungsi otak.

L-theanine, asam amino dalam teh hijau, terbukti membantu meningkatkan fungsi otak dengan memperkuat daya ingat dan mengurangi kecemasan.

Sebuah studi tahun 2012 di Neuropharmacology mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi 100 miligram L-theanine membuat lebih sedikit kesalahan dalam tugas perhatian dibandingkan kelompok plasebo. Minum 50 miligram kafein atau menggabungkan L-theanine dan kafein juga dapat meningkatkan fokus.

3. Kadar gula darah dan kolesterol turun

Manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan yang ketiga yaitu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Teh hijau dapat membantu melawan penyakit jantung dengan mendukung kolesterol sehat. Teh hijau juga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes tipe 2, menurut studi.

Sebuah studi tahun 2018 di Journal of American Heart Association menemukan bahwa teh hijau mampu memperlambat penurunan alami kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau yang sering disebut sebagai kolesterol "baik" seiring bertambahnya usia.

Di sisi lain, teh hijau dapat menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol "jahat". Para ahli percaya bahwa katekin, salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau, mungkin bertanggung jawab atas efek penurunan kolesterol ini.

Baca Juga: 4 Efek Negatif Makan Tengah Malam bagi Kesehatan, Bikin Gula Darah Bergejolak!

4. Risiko kanker berkurang

Manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan yang keempat yaitu mengurangi risiko kanker.

Antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau, khususnya polifenol, membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang mana ini adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap beberapa penyakit kronis dan kanker.

Polifenol dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan atau kematian sel. Pada akhirnya, risiko kanker pun akan berkurang.

Selain itu, menurut ulasan tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, orang yang biasa mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 17% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan peminum non-teh, meskipun terdapat heterogenitas di antara mereka yang diteliti.

5. Pencernaan sehat

Manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan yang kelima yaitu menyehatkan pencernaan.

Teh hijau dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan dan kembung dengan menghilangkan penumpukan gas di usus.

Pada sebuah penelitian di Microbiology & Immunology, 10 relawan yang tidak rutin minum teh hijau diminta untuk mengonsumsi teh hijau selama 10 hari, lalu berhenti selama 7 hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa proporsi Bifidobacteria (sejenis bakteri baik di usus) meningkat sebanding dengan konsumsi teh hijau. Itu berarti, konsumsi teh hijau dapat membantu bertindak sebagai prebiotik dan memperbaiki lingkungan usus besar.

Itulah 5 manfaat minum teh hijau setiap hari bagi kesehatan. Penting untuk diingat bahwa teh hijau tidak bebas kafein dan mirip dengan minuman berkafein lainnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi terlalu banyak teh hijau dapat menyebabkan gejala seperti kecemasan, kegelisahan, sakit kepala, mual, peningkatan detak jantung, atau kesulitan tidur.

Meskipun setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap kafein, Food and Drug Administration menyebutkan 400 miligram per hari atau sekitar 10 cangkir teh hijau sebagai jumlah maksimum kafein yang harus dikonsumsi orang dewasa sehat setiap hari.

Manfaat teh hijau yang menjanjikan bagi kesehatan mungkin terhapuskan dengan penambahan gula atau bahkan madu dalam jumlah berlebihan. Jadi, berhati-hatilah dengan jumlah pemanis yang Anda tambahkan dan pertimbangkan untuk memasukkan seiris lemon guna menambah rasa tanpa tambahan gula. 

Selanjutnya: OJK Terbitkan POJK Baru Terkait Industri BPR dan BPR Syariah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News