Bugar

10 Tanda Tubuh Sehat dan Bugar, Sudahkah Anda Merasakannya?

10 Tanda Tubuh Sehat dan Bugar, Sudahkah Anda Merasakannya?

MOMSMONEY.ID - Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Tapi, bagaimana Anda tahu bahwa upaya Anda membuahkan hasil? Apa saja tanda tubuh sehat dan bugar?

Berikut telah Momsmoney uraikan sepuluh tanda tubuh sehat dan bugar, melansir dari laman The Healthy:

1. Energi yang tinggi

Jika Anda sering merasa penuh energi sepanjang hari, itu adalah tanda baik bahwa tubuh Anda sehat. Kesehatan yang optimal memberikan stamina yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa kelelahan yang berlebihan.

Baca Juga: 8 Manfaat Menghirup Udara Segar di Pagi Hari, Jangan Dilewatkan ya

2. Tidur yang berkualitas

Kualitas tidur yang baik menunjukkan kesehatan yang baik. Jika Anda bisa tidur dengan cepat, tidur nyenyak sepanjang malam, dan bangun dengan perasaan segar dan siap untuk hari baru, itu menandakan bahwa tubuh Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan untuk pemulihan kembali.

3. Pencernaan yang lancar

Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik adalah indikator penting kesehatan. Jika Anda tidak sering mengalami masalah seperti kembung, sembelit, atau diare, dan buang air besar Anda teratur, sistem pencernaan Anda mungkin bekerja dengan efektif.

Baca Juga: Pilihan Minuman Sehat yang Dapat Dikonsumsi di Pagi Hari, Mau Coba?

4. Kulit yang sehat

Kulit adalah cerminan langsung dari kesehatan internal Anda. Kulit yang bersih, lembut, dan bercahaya sering kali menunjukkan nutrisi yang baik dan hidrasi yang memadai.

5. Keseimbangan berat badan

Memiliki berat badan yang stabil dalam kisaran yang sehat untuk tinggi dan jenis tubuh Anda adalah tanda kesehatan yang baik. Berat badan yang terkontrol menunjukkan bahwa Anda mungkin makan dengan baik dan cukup berolahraga.

Baca Juga: Hanya Perlu Seminggu, Begini 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mengganggu

6. Ketahanan terhadap penyakit

Jika Anda jarang sakit, itu bisa jadi karena sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Sebuah sistem imun yang sehat melindungi Anda dari bakteri, virus, dan patogen lainnya yang Anda temui setiap hari.

7. Mood yang baik

Kesehatan mental adalah bagian penting dari kesehatan keseluruhan. Jika Anda sering merasa positif dan jarang mengalami perubahan mood yang drastis atau stres yang tidak terkendali, Anda mungkin memiliki kesehatan mental yang baik.

Baca Juga: 7 Olahraga Terbaik untuk Mengatasi Sembelit, Pencernaan Lancar Kembali

8. Nafsu makan yang sehat

Memiliki nafsu makan yang sehat dan teratur adalah tanda lain dari kesehatan yang baik. Jika Anda secara rutin menikmati makanan dan merasa puas setelah makan tanpa kecenderungan untuk makan berlebihan, ini menunjukkan bahwa metabolisme Anda berfungsi dengan baik.

9. Siklus menstruasi teratur

Jika Anda wanita, siklus menstruasi teratur adalah tanda tubuh Anda sehat.

Menurut Janet Choi, MD, ahli endokrinologi reproduksi di CCRM-New York, memiliki siklus menstruasi yang teratur, dengan interval antara 27 hingga 35 hari, menandakan proses ovulasi berjalan normal dan tingkat hormon Anda seimbang.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

10. Rambut dan Kuku yang Sehat

Arielle Levitan, MD, pendiri Vous Vitamin, LLC, menyatakan bahwa rambut tebal dan kuku yang kuat sering menandakan kesehatan yang baik.

Sebaliknya, rambut yang menipis dan kuku yang rapuh bisa menunjukkan adanya defisiensi nutrisi, seperti kekurangan zat besi dan vitamin D.

Itulah beberapa tanda tubuh sehat dan bugar yang perlu Anda ketahui. Tanda-tanda kesehatan bisa berbeda bagi setiap orang.

Namun, jika Anda merasakan sebagian besar dari tanda-tanda ini, kemungkinan besar Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Perebutan Dana di Pasar Bisa Sengit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News