Keluarga

5 Tanda Tubuh Perlu Diet, Salah Satunya Sering Merasa Nyeri

5 Tanda Tubuh Perlu Diet, Salah Satunya Sering Merasa Nyeri

MOMSMONEY.ID - Ada 5 tanda tubuh perlu diet. Cari tahu, yuk!

Kelebihan berat badan bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak selalu mudah untuk mengetahui tanda-tanda tubuh mengalami kelebihan berat badan dan harus segera diet.

Namun, menurut seorang dewan pakar medis bernama Mike Bohl, MD, MPH, ALM, ada setidaknya 5 tanda tubuh perlu diet. Merangkum laman Eat This, Not That!, berikut kelima tanda tersebut.

Baca Juga: Sering Disajikan Saat Imlek, Simak 5 Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

1. Tekanan darah Anda tinggi

Tanda tubuh perlu diet yang pertama yaitu tekanan darah Anda tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit kronis yang paling sering diderita oleh orang dengan kelebihan berat badan. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan lainnya.

Meskipun ada banyak obat yang dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, namun hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menurunkan berat badan. Jadi, jika tekanan darah Anda naik atau nilainya selalu tinggi, maka inilah saatnya bagi Anda untuk mulai diet dan lebih banyak olahraga.

2. Kadar kolesterol Anda tinggi

Tanda tubuh perlu diet yang kedua yaitu kadar kolesterol Anda tinggi.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, saraf, dan mata. Juga, penyakit darah dan pembuluh jantung.

Kabar baiknya, kadar kolesterol yang tinggi bisa dikelola secara efisien dengan menurunkan berat badan berlebih.

3. Anda sering mendengkur di malam hari

Tanda tubuh perlu diet yang ketiga yaitu Anda sering mendengkur di malam hari.

Kebiasaan mendengkur bisa disebabkan oleh sleep apnea. Sleep apnea sendiri adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan gangguan pernapasan saat tidur. Dan, salah satu faktor risiko terbesar dari kondisi ini adalah kelebihan berat badan.

Selain memicu dengkuran, sleep apnea juga dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak, menyebabkan kelelahan di siang hari, serta meningkatkan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Jadi, cobalah untuk menurunkan berat badan jika ingin berhenti mendekur saat tidur di malam hari.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Lipstik Merah untuk Hari Valentine, Auto Cantik!

4. Tubuh terasa tegang dan nyeri

Tanda tubuh perlu diet yang keempat yaitu tubuh terasa tegang dan nyeri.

Berat badan berlebih cenderung memberikan lebih banyak tekanan pada sendi dan tulang belakang. Sehingga, otot di area tersebut perlu bekerja keras untuk mempertahankan postur dan menggerakkan tubuh.

Akibatnya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan rasa nyeri di lutut, punggung bagian bawah, atau di area tubuh lainnya.

5. Anda merasa kesulitan untuk melakukan tugas sehari-hari

Tanda tubuh perlu diet yang kelima yaitu Anda merasa kesulitan untuk melakukan tugas sehari-hari.

Saat Anda terbiasa melakukan tugas tertentu setiap hari dan tiba-tiba merasa kesulitan untuk menyelesaikannya, kemungkinan besar ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Jika Anda merasa semakin sulit untuk berjalan jauh atau kerap mengalami sesak napas ketika menaiki tangga, maka inilah saat yang tepat untuk mencari tahu apakah kelebihan berat badan adalah penyebabnya.

Itulah 5 tanda tubuh perlu diet. Yuk, segera evaluasi!

Selanjutnya: Kementerian PUPR Lakukan Verifikasi Usulan Pelaksanaan Inpres Air Minum dan Sanitasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News