Santai

10 Tanaman Bantu Turunkan Berat Badan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

10 Tanaman Bantu Turunkan Berat Badan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

MOMSMONEY.ID - Mempertahankan berat badan ideal selalu menjadi perhatian banyak orang. Tahukah Anda, ada beberapa tanaman bantu turunkan berat badan lo?

Ya, ada beragam jenis tanaman yang bisa membantu menurunkan berat badan. Lalu, apa saja tanaman bantu turunkan berat badan?

Tanaman yang bisa bantu turunkan berat badan biasanya berasal dari tanaman herbal seperti jahe. 

Baca Juga: 15 Daftar Tanaman Hias Indoor untuk Hadiah Terbaik, Mudah Didapatkan dan Dirawat

Selain itu, masih ada beberapa tanaman bantu turunkan berat badan yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut 10 tanaman bantu turunkan berat badan:

1. Tanaman Yerba

Yerba mate (Ilex Paraguariensis) merupakan minuman asli Amerika Selatan. Teh yang terbuat dari ranting dan daun kering tanaman ini kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol dan peradangan. 

Menariknya, teh yerba mate memiliki sifat antioksidan sedikit lebih tinggi dibandingkan teh hijau!

2. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori. Ia juga bekerja untuk mengatur kadar glukosa dan mencegah peradangan pada perut. 

Tambahkan potongan kecil ramuan ini ke dalam masakan Anda dan lihat bagaimana ramuan ini meningkatkan pencernaan dan membakar lemak.

Teh jahe adalah pengganti teh biasa yang juga akan membantu menurunkan berat badan. Parut 1/2 inci jahe dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama 2 menit. Tambahkan kantong teh dan nikmatilah!  

Baca Juga: Bikin Kenyang Lebih Lama, Makanan Tinggi Serat Bantu Turunkan Berat Badan

3. Kayu Manis

Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah populer yang memicu metabolisme dan membantu mengendalikan gula darah. Ini juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Terutama, kayu manis berfungsi mengatur gula darah yang juga membantu penurunan berat badan.

Anda bisa menambahkan bubuk batang wangi ini ke dalam teh atau kopi Anda. 

Tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalam 1 gelas air dan biarkan mendidih selama 2-3 menit, saring dan minum di pagi hari.

4. Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) digunakan sebagai pemanis buatan pada makanan dan minuman. 

Itu tidak memiliki kalori dan dengan demikian membantu penurunan berat badan dan penyerapan lemak. Jika Anda tidak menanam tanamannya, selalu beli bubuk atau tablet stevia siap pakai untuk dikonsumsi.

5. Daun Mint

Mint adalah ramuan nutrisi yang membantu detoksifikasi tubuh dan penurunan berat badan. Daun hijau yang harum membantu meningkatkan metabolisme pencernaan, membantu menghilangkan racun dan limbah dari tubuh.

Ambil 1 gelas air, satu sendok teh daun mint kering (Jika Anda mengambil daun segar, 8-10 sudah cukup), dan beberapa tetes air jeruk nipis. Tuangkan air hangat dan minum perut kosong.

Baca Juga: 7 Bahan Alternatif Pengganti Daun Jeruk yang Berikan Aroma Khas pada Masakan

6. Adas

Adas memiliki sifat diuretik yang meningkatkan pencernaan dan merangsang metabolisme. Rasanya manis dan banyak digunakan dalam obat-obatan dan masakan. 

Biji hijau kecilnya kaya akan serat makanan, antioksidan, vitamin, dan mineral, membantu menurunkan berat badan dan juga memurnikan darah.

7. Dandelion

Adas memiliki sifat diuretik yang meningkatkan pencernaan dan merangsang metabolisme. Rasanya manis dan banyak digunakan dalam obat-obatan dan masakan. 

Biji hijau kecilnya kaya akan serat makanan, antioksidan, vitamin, dan mineral, membantu menurunkan berat badan dan juga memurnikan darah.

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi teh dandelion.

Baca Juga: 8 Sampah Dapur Jadi Tanaman Hias Menarik, Manfaatkan Bibit Tak Terduga Ini

8. Sawi Putih

Akar sawi putih mengandung inulin, yaitu serat prebiotik yang mendukung penurunan berat badan, meningkatkan fungsi pencernaan, dan mengatur gula darah.

Ambil satu sendok teh akar sawi putih kering dalam 1 gelas air. Rebus selama 5 menit dan diamkan selama 5-7 menit sebelum diminum. Anda bisa mengonsumsi hingga 2 cangkir minuman sawi putih dalam sehari.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya membantu mengurangi lemak visceral (lemak berbahaya yang menutupi organ-organ utama). Ini juga mengurangi gula darah dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, juga merupakan pencahar dan pembersih racun yang sangat baik.

Ambil satu atau setengah lembar daun lidah buaya tergantung besar kecilnya daun. Potong bagian sisinya dan ambil dagingnya yang seperti gel, lalu siapkan smoothie dalam blender dengan menambahkan segelas air dan satu sendok makan madu (opsional) untuk meningkatkan rasanya. 

10. Timun

Karena mentimun rendah kalori, Anda bisa memakannya agar merasa kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah terlalu banyak. Mereka juga membantu detoksifikasi tubuh.

Anda bisa membuat jus mentimun atau mengirisnya untuk dimakan. Tambahkan lemon dan garam untuk menambah rasa. 

Nah, itulah beberapa tanaman bantu turunkan berat badan yang jarang diketahui banyak orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News