Bugar

10 Jus yang Bagus untuk Kesehatan Otak Anda, Mau Coba?

10 Jus yang Bagus untuk Kesehatan Otak Anda, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Kesehatan otak adalah aspek penting dari kesehatan keseluruhan. Nutrisi yang tepat dapat mendukung fungsi otak, meningkatkan memori, dan bahkan melindungi terhadap penuaan otak. Salah satu cara mudah dan lezat untuk mendapatkan nutrisi ini adalah melalui jus buah dan sayuran. Kira-kira, jus yang bagus untuk kesehatan otak ada apa saja?

Melansir dari laman Health Shots, di bawah ini adalah beberapa jenis jus yang bagus untuk kesehatan otak yang dapat Anda coba:

1. Jus Blueberry

Blueberry mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti meningkatkan fungsi otak. Menurut studi di European Journal of Nutrition tahun 2020, minum satu atau dua cangkir jus blueberry setiap hari, terutama di pagi hari, dapat membantu meningkatkan kinerja otak Anda sepanjang hari.

Baca Juga: Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

2. Jus Delima

Jus delima kaya akan polifenol yang mendukung fungsi otak. Mengonsumsi sekitar 250 ml jus delima setiap hari dapat membantu meningkatkan memori dan kemampuan belajar Anda. Minumlah di pagi hari atau sebelum melakukan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

3. Jus Bit

Nitrat yang terkandung dalam bit dapat meningkatkan fungsi otak dengan mempromosikan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Dianjurkan untuk mengonsumsi satu cangkir jus bit per hari, terutama sebelum melakukan olahraga.

4. Jus Wortel

Wortel mengandung luteolin, senyawa yang dapat melindungi otak. Minum satu cangkir jus wortel setiap hari dapat mendukung kesehatan kognitif Anda. Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari untuk memulai hari.

Baca Juga: Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho

5. Jus Bayam

Bayam mengandung antioksidan yang disebut lutein, yang membantu membersihkan racun dari otak dan memperlambat penurunan kognitif. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi segelas jus bayam setiap hari, idealnya di pagi hari.

6. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang dapat melindungi otak dari stres oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar vitamin C dalam darah dikaitkan dengan daya ingat yang lebih baik. Mengonsumsi satu gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

7. Jus Kale

Kale tinggi antioksidan serta vitamin A dan C, yang dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. Minum satu gelas jus kale setiap hari, terutama di pagi hari, dapat sangat bermanfaat.

Baca Juga: Apakah Aman Konsumsi Pepaya untuk Diabetes? Ini Jawabannya

8. Jus Anggur

Jus anggur mengandung polifenol yang dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Minumlah satu gelas jus ini setiap hari, terutama tepat setelah bangun tidur untuk meningkatkan kesehatan otak.

9. Jus Tomat

Tomat kaya akan likopen yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Minum segelas jus tomat setiap hari, terutama di pagi hari, dapat mendukung kesehatan kognitif.

10. Jus Apel

Apel mengandung antioksidan yang meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari penurunan kognitif. Minum segelas jus apel setiap hari, paling baik di pagi hari, dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda.

Baca Juga: Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes, Benarkah Efektif?

Itulah daftar jus yang bagus untuk kesehatan otak Anda. Setelah ini, manakah jus yang ingin Anda coba?

Selanjutnya: Garuda Indonesia Kembali Gelar SOTF, Diskon Tiket Hingga 80%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News