Bugar

Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes, Benarkah Efektif?

Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes, Benarkah Efektif?

MOMSMONEY.ID - Pengelolaan gula darah menjadi kunci dalam menangani diabetes. Banyak pasien diabetes mencari alternatif alami untuk mendukung pengobatan medis mereka. Salah satu bahan alami yang sering dibicarakan adalah kayu manis. MomsMoney akan mengulas tentang khasiat kayu manis untuk diabetes pada kesempatan kali ini.

Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes

Melansir dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah sejumlah khasiat kayu manis untuk diabetes:

1. Meniru efek insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi cukup insulin atau sel-sel tidak dapat memanfaatkannya secara efisien. Diketahui bahwa kayu manis dapat memfasilitasi kontrol gula darah dengan meniru efek insulin dan meningkatkan responsivitas sel terhadap insulin.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

2. Mengurangi gula darah puasa dan hemoglobin A1c

Banyak studi yang menunjukkan bahwa kayu manis efektif dalam menurunkan kadar gula darah puasa dan memperbaiki resistensi insulin. Rempah ini juga diketahui dapat mengurangi nilai hemoglobin A1c.

3. Mengatasi stres oksidatif

Kayu manis kaya akan antioksidan yang efektif dalam melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas atau yang dikenal dengan stres oksidatif. Hal ini membuat kayu manis berpotensi dalam mendukung pengobatan penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

4. Menurunkan gula darah setelah makan

Pasien diabetes sering mengalami lonjakan gula darah pasca makan, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Kayu manis dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga meminimalisir lonjakan gula darah dengan memperlahan pemecahan makanan menjadi glukosa.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Metabolism menemukan bahwa kayu manis dapat menghambat enzim di usus halus yang memproses glukosa dari makanan, yang membantu mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Mengobati Kolesterol, Mari Simak Berikut Ini!

5. Mencegah komplikasi diabetes

Kontrol gula darah yang baik dapat membantu menghindari komplikasi serius diabetes, termasuk masalah penglihatan, penyakit jantung, dan kerusakan saraf. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan bahkan Alzheimer.

Diabetes juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Penggunaan kayu manis dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes ini dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Cara Konsumsi Kayu Manis untuk Diabetes

Mengutip dari Hello Sehat, cara konsumsi kayu manis untuk diabetes bisa dioptimalkan dengan cara meminum rebusan kayu manis. Cukup rebus dua batang kayu manis dalam 500 ml air untuk memaksimalkan manfaatnya.

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat kayu manis untuk diabetes. Beberapa studi memang menunjukkan dampak positif kayu manis terhadap kontrol gula darah, namun studi lainnya mendapati hasil yang berlawanan.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Intip Khasiat Pare untuk Kesehatan di Sini

Menurut Mayo Clinic, perbandingan hasil penelitian tentang kayu manis menjadi lebih kompleks karena variabel seperti dosis dan jenis kayu manis yang digunakan dalam setiap studi berbeda-beda.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan kayu manis dalam membantu mengontrol gula darah, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini penting untuk memahami lebih lanjut potensi efek kayu manis terhadap kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News