Bugar

Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

MOMSMONEY.ID - Gagal ginjal adalah kondisi serius yang terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu menyaring limbah dari darah secara efektif. Gaya hidup dan pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan ginjal. Ada beberapa jenis makanan dan minuman penyebab gagal ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Merangkum dari laman Hello Sehat dan Alodokter, inilah daftar jenis makanan dan minuman penyebab gagal ginjal yang sebaiknya Anda batasi:

1. Makanan Tinggi Gula

Mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah dan berpotensi memicu diabetes, kondisi yang dapat merusak ginjal. Gula berlebih dapat ditemukan dalam sereal sarapan, kue, roti, permen, cokelat, es krim, dan makanan serta minuman kemasan lainnya.

Nefropati diabetik, sebuah kondisi di mana ginjal rusak akibat diabetes, adalah salah satu komplikasi serius yang dapat terjadi.

Baca Juga: Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho

2. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi natrium yang berlebih dapat menyebabkan hipertensi, yang berpotensi merusak ginjal. Makanan seperti snack ringan, makanan kalengan, saus, kecap asin, daging olahan, dan ikan asin adalah contoh makanan tinggi natrium.

Tubuh yang mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat menyebabkan penumpukan cairan, yang meningkatkan tekanan darah dan membebani ginjal.

Sebaiknya, asupan sodium tidak melebihi 2000 mg per hari, yang kurang lebih setara dengan 1 hingga 1,5 sendok teh garam.

3. Makanan Tinggi Protein

Protein adalah nutrisi penting, tetapi konsumsi protein yang berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras, yang berpotensi menurunkan fungsi ginjal.

Protein hewani seperti daging, telur, dan produk olahan susu serta protein nabati seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sesuai kebutuhan harian.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 55-60 gram protein per hari.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Intip Khasiat Pare untuk Kesehatan di Sini

4. Makanan Tinggi Fosfor

Fosfor adalah mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Namun terlalu banyak fosfor dapat membahayakan bagi orang dengan penyakit ginjal.

Makanan olahan, daging unggas, jeroan, kuning telur, susu dan produk olahan susu, seafood, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan yang kaya fosfor.

Batasi asupan fosfor hingga tidak lebih dari 1000 mg per hari.

5. Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan stres oksidatif yang meningkatkan radikal bebas dan menyebabkan peradangan, termasuk pada ginjal.

Risiko kerusakan ginjal dari alkohol ini semakin tinggi jika dikombinasikan dengan merokok.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman penyebab gagal ginjal jika dikonsumsi berlebihan. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease memberikan beberapa rekomendasi untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, antara lain:

  • Pastikan untuk mengonsumsi berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak secara rutin. Pola makan yang seimbang membantu menjaga ginjal tetap sehat.
  • Minumlah cukup air setiap hari untuk membantu ginjal memproses dan menghilangkan limbah melalui urine.
  • Kurangi penggunaan garam dan gula tambahan dalam makanan Anda untuk mencegah tekanan darah tinggi dan kelebihan gula darah, yang bisa membebani ginjal.
  • Berolahraga minimal 30 menit per hari, seperti berjalan kaki atau bersepeda, untuk menjaga kesehatan ginjal serta mendukung kesehatan keseluruhan.
  • Hindari obesitas dengan menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat, karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.
  • Lakukan aktivitas seperti meditasi, yoga, atau tai chi untuk mengurangi stres, yang jika tidak ditangani bisa memberi tekanan tambahan pada ginjal.
  • Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam setiap malam, untuk mendukung kesehatan ginjal.
  • Merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak ginjal. Berhenti merokok dan batasi asupan alkohol untuk menjaga fungsi ginjal.

Semoga infomasi ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News