MOMSMONEY.ID - Transformasi digital di Indonesia semakin luas, peluang bisnis platform komunikasi cerah. Salah satu pemain platform komunikasi full stack, Infobip juga merambah pasar Indonesia.
Jiun Kei Lim Head of Operator Partnerships Region APAC mengatakan dalam keterangan tertulis, Selasa (19/11), Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam hal digitalisasi, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan ekonomi digital yang berkembang.
Pemerintah Indonesia telah menjadi kekuatan utama di balik transformasi ini, mempromosikan digitalisasi di seluruh bisnis. Ketika pandemi COVID-19 mempercepat momentum tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan peta jalan digital 2021-2024 untuk mempertahankan kemajuan ini. Inisiatif seperti peta jalan “Making Indonesia 4.0” semakin memperkuat dorongan menuju masa depan digital yang lebih terhubung.
Upaya nasional ini diselaraskan melalui penyebaran pusat data lokal kami pada tahun 2022, yang menggarisbawahi komitmen kami terhadap kawasan ini.
Hal ini memungkinkan Infobip untuk menyediakan waktu aktif layanan yang lebih andal, latensi yang lebih baik, dan kepatuhan penuh terhadap peraturan privasi data global dan lokal.
Platform komunikasi berskala dar Infobip mendukung SMS, aplikasi chatting, email, dan solusi SaaS seperti pembuat chatbot, personalisasi, dan otomatisasi yang memberdayakan bisnis untuk melibatkan pelanggan secara mulus di seluruh saluran digital.
Dengan bermitra dengan perusahaan lokal, Infobip membantu mempercepat transformasi digital mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan memberikan pengalaman pelanggan yang unggul.
Tren pelanggan komunikasi digital Indonesia
AI memberikan dampak yang signifikan secara global, tidak terkecuali di Indonesia. Di dunia telekomunikasi, diskusi sedang berlangsung tentang bagaimana AI generatif dapat mendorong interaksi yang lebih efektif dan menarik dengan pengguna.
Sementara tahun 2024 difokuskan pada curah pendapat, uji coba, dan mengeksplorasi kasus-kasus penggunaan potensial, Lim berharap tahun 2025 akan membawa adopsi AI yang lebih luas dalam operasi harian perusahaan telekomunikasi dan keterlibatan pelanggan.
Seiring dengan semakin matangnya AI, Lim mengantisipasi perputaran yang lebih cepat dan aplikasi yang lebih inovatif yang akan muncul di tahun 2025.
Pada saat yang sama, industri hubungan pelanggan di Indonesia bergeser ke arah komunikasi omnichannel yang dipersonalisasi. Bisnis semakin memanfaatkan AI dan otomatisasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan merampingkan operasi.
Seiring dengan percepatan transformasi ini, akan ada fokus yang semakin besar pada privasi dan keamanan data. Infobip berada di posisi yang tepat untuk mendukung tren ini, menawarkan platform komunikasi yang canggih dan aman yang beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan yang terus berkembang.
Seiring dengan bergeraknya pasar ke lingkungan digital yang lebih matang, interaksi dengan perusahaan telekomunikasi akan semakin meningkat melalui saluran digital seperti WhatsApp dan RCS.
Pergeseran ini akan mengharuskan perusahaan telekomunikasi untuk memberikan pengalaman terpadu di semua saluran sekaligus mempersonalisasi interaksi. Efektivitas akan menjadi fokus utama, karena konsumen mengharapkan respons yang lebih cepat dan tidak merepotkan saat berkomunikasi dengan perusahaan telekomunikasi.
Oleh karena itu, adopsi AI akan sangat penting untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang.
Selanjutnya: Rekomendasi 10 Olahraga Pembakar Lemak Perut Terbaik yang Efektif, Cek yuk!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News