Santai

Ternyata, Ini Efek Pakai Pelembut Pakaian saat Mencuci

Ternyata, Ini Efek Pakai Pelembut Pakaian saat Mencuci

MOMSMONEY.ID - Simak efek kelebihan dan kekurangan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci dan kapan tidak perlu menggunakannya.

Ada banyak alasan kenapa banyak orang suka menggunakan pelembut pakaian. Pertama, karena kebiasaan. Kedua, karena menginginkan baju jadi terasa lembih lembut dan bebas dari kusut. 

Namun ternyata, ada efek kelebihan dan kekurangan jika Anda menggunakan pelembut pakaian. Beberapa jenis kain juga sebaiknya tidak dicuci menggunakan pelembut pakaian, lo.

Untuk beberapa orang, menggunakan pelembut pakaian sama pentingnya dengan menggunakan deterjen. Tapi, pernahkah Anda mencari tahu bagaimana pelembut pakaian bekerja dan memengaruhi pakaian Anda?

Melansir Martha Stewart, pelembut pakaian dibuat untuk meningkatkan tekstur dan kelembutan kain dengan menambahkan sedikit lapisan bahan kimia kepada kain selama proses mencuci

"Lapisan ini mengurangi gesekan antar serat, membuat kain terasa lebih lembut dan halus saat disentuh," ungkap Direktur Operasional Franchise Two Maids. 

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental? Cek di Sini

Kelebihan menggunakan pelembut pakaian

Pelembut pakaian memiliki banyak manfaat. Selain membuat pakaian lebih lembut dan halus, pelembut pakaian juga bisa memberi efek meminimalkan kerutan atau pakaian yang kusut, memberikan rasa nyaman dan menyenangkan secara keseluruhan pada kain yang dicuci. 

Kekurangan menggunakan pelembut pakaian

Pelembut pakaian bersifat keras pada kain sehingga bisa memberi efek menghilangkan karakteristik alaminya seperti mudah menyerap keringat, ungkap Patric Richardson dari The Laundry Evangelist. 

Selain itu pelembut pakaian berpotensi membahayakan pakaian seiring berjalannya waktu karena bisa meninggalkan residu yang bisa mengurangi daya serap kain dan berkontribusi terhadap kerusakan serat kain. 

Baca Juga: 4 Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah, Bukan Cuma Bikin Awet Muda

Kapan sebaiknya tidak menggunakan pelembut pakaian?

Meskipun pelembut pakaian cocok untuk kain katun, linen, dan serat alami, ada beberapa bahan yang tidak tahan terhadap produk tersebut. Jangan gunakan pelembut pakaian untuk mencuci baju olah raga, handuk atau pakaian yang terbuat dari kain yang menyerap kelembapan.

Pelembut pakaian bisa mengurangi efektivitasnya menyerap kelembapan karena meninggalkan lapisan yang menghalangi penyerapan dan sirkulasi udara.

Selain itu, hindari menggunakan pelembut pakaian untuk mencuci baju yang berlabel tahan api karena dapat menghilangkan lapisan tahan api pada kain. 

Itu tadi informasi efek kelebihan dan kekurangan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci baju.

Selanjutnya: Promo Minyak Goreng di Superindo sampai Alfamart Weekend, Beli Tropical Harga Spesial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News