Santai

Sudah Tahu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental? Cek di Sini

Sudah Tahu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental? Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Siapa sangka bahwa secara ilmiah menangis memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Menangis merupakan sebuah respons alami tubuh untuk mengekspresikan emosi, baik itu ekspresi kesedihan maupun kebahagiaan.

Ketika menangis dan mengeluarkan air mata, emosi serta perasaan lega pun biasanya akan segera terasa.

Nah, bukan cuma bikin lega saja, masih ada beragam manfaat lain dari menangis.

Baca Juga: Sindrom Phone Anxiety, Gangguan Takut Angkat Telepon

Membantu meredakan rasa sakit

Selain memberikan rasa lega dan menenangkan jiwa, menangis juga membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit. Melansir dari Medical News Today, menangis melepaskan hormon oksitosin dan endorphin.

Kedua hormon bahagia ini bisa membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit baik secara fisik maupun psikis. Kedua hormon tersebut juga mampu membuat tubuh untuk menjadi lebih tenang.

Meredakan stres

Ketika seseorang menangis, maka orang tersebut akan mengeluarkan air mata. Air mata ternyata mengandung banyak cairan termasuk di dalamnya adalah hormon stres dan cairan lainnya.

Menangis bisa membantu meredakan stres yang menumpuk di tubuh. Peneliti juga mempercayai bahwa menangis mampu mengurai jumlah cairan di tubuh termasuk hormon stres dan cairan lainnya.

Baca Juga: 4 Tips Cara Jadi Morning Person Agar Bisa Bangun Pagi Terus

Menyeimbangkan kembali emosi

Emosi kesedihan maupun kebahagiaan terkadang menjadi dominan dan menyebabkan seseorang menangis. Dengan menangis ternyata bisa membantu tubuh untuk kembali menyeimbangkan emosi.

Selain itu menangis juga bisa membantu untuk memperbaiki mood karena adanya keseimbangan emosi yang dihasilkan dari menangis.

Menenangkan jiwa

Menangis tentunya memiliki manfaat yang baik untuk menenangkan jiwa. Seperti yang dilansir dari laman Health Line, menurut penelitian, menangis bisa mengaktifkan Parasymphatetic Nervous System (PNS).

PNS dapat membantu tubuh untuk merasa rilex. Selain itu PNS juga membantu tubuh untuk beristirahat dan merasa lega. Walaupun memerlukan waktu menangis yang lama sebelum merasakan manfaat ini.

Demikianlah beberapa keuntungan dan manfaat menangis yang ternyata baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mental.

Selanjutnya: DBS Foundation Bestari Festival: Impact Beyond Bahas Isu Ketimpangan Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News