Bugar

Ternyata Ada Manfaat Musik untuk Kesehatan lho, Apa Saja ya?

Ternyata Ada Manfaat Musik untuk Kesehatan lho, Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Musik lebih dari sekedar hiburan. Rupanya terdapat sejumlah manfaat musik untuk kesehatan, lho. Namun, masih banyak yang belum tahu tentang hal ini. Untuk itulah, MomsMoney akan mengulasnya secara lengkap di sini.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat musik untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Meningkatkan Motivasi Belajar

Peneliti dari Johns Hopkins menyarankan mendengarkan musik untuk merangsang otak. Mendengarkan musik tidak hanya aktifkan berbagai area otak dalam pemindaian MRI, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi untuk belajar.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa harapan mendengarkan musik dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk belajar.

Baca Juga: Apakah Daun Salam Bisa Menurunkan Kolesterol? Yuk, Cek Faktanya

2. Meningkatkan Memori

Musik telah terbukti meningkatkan memori. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik klasik saat belajar cenderung mengingat informasi lebih baik daripada saat mereka belajar dalam keheningan atau dengan kebisingan.

Penelitian lain menemukan bahwa musik membantu pasien dengan Alzheimer dan demensia lainnya melambatkan penurunan kognitif dan mengingat episode dari kehidupan mereka.

3. Terapeutik untuk Penyakit Mental

Musik merubah struktur dan fungsi otak, menurut para peneliti neurologis. Mendengarkan musik memicu pelepasan neurotransmiter seperti dopamin. Ini menunjukkan bahwa adanya potensi terapeutik musik untuk pengobatan penyakit mental.

Baca Juga: Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

4. Membantu Regulasi Emosi

Studi telah menemukan bahwa musik membantu orang mengatur emosi mereka. Musik memiliki kemampuan untuk mengubah suasana hati dan membantu individu memproses perasaan mereka.

Baca Juga: Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

5. Mengurangi Kecemasan

Musik terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan. Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mendengarkan musik setelah stroke merasa lebih rileks. Studi lain menunjukkan bahwa musik yang dicampur dengan suara alam dapat membantu orang merasa lebih tenang.

6. Mengurangi Gejala Depresi

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dan jazz, serta sesi drum kelompok, dapat memiliki efek positif dalam mengurangi gejala depresi. Penting untuk dicatat bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih atau nostalgia bisa justru meningkatkan gejala depresi pada beberapa orang.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mendengarkan musik dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengubah laju napas, detak jantung, dan tekanan darah, tergantung pada intensitas dan tempo musik.

8. Mengelola Rasa Sakit

Musik juga digunakan dalam pengaturan medis untuk membantu pasien mengelola rasa sakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit dan membantu mengelola rasa sakit.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

Nah, itulah beberapa manfaat musik untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News