Bugar

Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

MOMSMONEY.ID - Dikenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam meningkatkan nutrisi dan mendukung kesehatan, rebusan daun kelor menawarkan manfaat yang sangat beragam untuk tubuh. Lantas, apa saja sih manfaat minum rebusan daun kelor untuk tubuh?

Menyadur dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah beberapa manfaat minum rebusan daun kelor untuk tubuh Anda:

1. Mengatur gula darah

Studi di Mumbai menemukan bahwa konsumsi daun kelor dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan, berkat peningkatan sekresi insulin yang diinduksi oleh obat glibenclamide.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

2. Mencegah kanker

Ekstrak daun kelor mengandung sifat anti-kanker, termasuk niazimicin yang menekan perkembangan sel kanker. Selain itu, kandungan beta-sitosterol efektif dalam mengobati pembesaran prostat dan mengurangi pertumbuhan sel kanker di prostat dan usus besar.

Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan mata

Meskipun lebih sering dikaitkan dengan makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, daun kelor juga mendukung kesehatan mata. Kandungan antioksidan tinggi dalam daun kelor membantu mencegah gangguan penglihatan dengan menghambat kerusakan pada retina dan kapiler.

4. Menurunkan kolesterol

Studi menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek penurunan kolesterol, yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

5. Menyehatkan pencernaan

Daun kelor membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan mengatasi masalah seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibakteri dan antiflamasi daun kelor mendukung fungsi pencernaan yang sehat.

6. Menyehatkan tulang

Kaya akan kalsium dan fosfor, daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sifat anti-inflamasi dari daun kelor juga efektif dalam mengatasi radang sendi dan membantu penyembuhan tulang yang rusak.

7. Mengobati asma

Daun kelor terbukti bermanfaat dalam mengurangi keparahan serangan asma dan melindungi terhadap penyempitan bronkial, sambil mendukung fungsi paru-paru dan pernapasan secara umum.

8. Mencegah gangguan ginjal

Konsumsi ekstrak daun kelor mungkin membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal, kandung kemih, atau rahim. Ini karena kandungan antioksidan tingginya yang dapat membantu mengurangi toksisitas di ginjal.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

9. Mengobati anemia dan penyakit sel sabit

Daun kelor membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, yang meningkatkan jumlah sel darah merah. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan anemia dan sickle cell disease (SCD) atau penyakit sel sabit

10. Mendukung fungsi otak

Daun kelor mendukung fungsi otak dengan meningkatkan mood dan melawan stres oksidatif yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

11. Mengurangi peradangan

Daun kelor mengandung isothiocyanate, senyawa yang efektif dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil Berbahaya? Yuk Intip Ulasannya

12. Mencegah keracunan arsenik

Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat melindungi dari efek toksisitas arsenik. Meski begitu, efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut.

13. Mengobati edema

Daun kelor dapat efektif dalam mencegah timbulnya edema berkat sifat anti-inflamasinya.

14. Melindungi hati

Daun kelor memiliki sifat yang melindungi hati dari kerusakan dan mempercepat pemulihan setelah kerusakan.

15. Melawan bakteri

Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba dari ekstrak daun kelor membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Salmonella dan E. coli.

Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsinya perlu dibatasi untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Melansir WebMD, dosis harian yang disarankan untuk daun kelor adalah kurang dari 70 gram daun segar atau sekitar 11 sendok teh daun kelor dalam bentuk bubuk.

Mengonsumsi daun kelor dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, diare, mual, dan muntah.

Selain itu, konsumsi daun kelor tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit tiroid atau sedang menjalani pengobatan tertentu karena dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan mengurangi efektivitasnya.

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat minum rebusan daun kelor untuk tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: GIIAS 2024 Resmi Dibuka, Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Pesan untuk Industri Otomotif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News