Bugar

Sederhana! Begini 7 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Lebaran

Sederhana! Begini 7 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Umum terjadi dan mengancam kesehatan, lakukan cara mencegah gula darah tinggi setelah lebaran ini, yuk.

Menu makanan dan minuman Lebaran umumnya memiliki citarasa yang manis. Kue nastar, kastengel, hingga sop buah menjadi contohnya. Jika konsumsi secara berlebihan, makanan dan minuman itu bisa sebabkan lonjakan gula darah.

Maka dari itu, utamanya bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui cara mencegah gula darah tinggi setelah Lebaran. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan:

1. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Makanan manis seperti kue Lebaran, sirup, dan minuman manis lainnya dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Batasi konsumsi makanan manis dan pilihlah alternatif yang lebih sehat seperti buah segar atau kue yang dibuat dengan pemanis alami.

Baca Juga: Panduan Makan Sehat saat Lebaran, Yuk Terapkan!

2. Kontrol Porsi

Mengontrol porsi makanan Anda dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Meskipun Anda masih bisa menikmati berbagai hidangan saat Lebaran, penting untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

3. Meningkatkan Asupan Serat

Serat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu mengelola diabetes dan menjaga gula darah tetap terkontrol.

Baca Juga: Berapa Normal Gula Darah untuk Wanita? Cek Jawabannya di Sini

4. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Air membantu ginjal membuang kelebihan gula darah melalui urine dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang dimaniskan dengan gula tambahan, karena dapat meningkatkan gula darah.

5. Kontrol Asupan Karbohidrat

Menyadur dari Halodoc, mengendalikan asupan karbohidrat Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menggunakan metode penghitungan karbohidrat atau sistem pertukaran makanan dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan tepat dan meningkatkan kontrol gula darah Anda.

Baca Juga: Buah Penurun Darah Tinggi Ini Bisa Anda Coba, Cek yuk Ada Apa Saja

6. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti sel-sel Anda lebih mampu menggunakan gula darah untuk energi.

Latihan fisik seperti angkat beban, berjalan cepat, berlari, bersepeda, dan berenang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Pantau Gula Darah Anda

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes atau masalah gula darah, penting untuk memantau gula darah secara teratur. Ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi gula darah Anda.

Itulah cara mencegah gula darah tinggi setelah lebaran yang bisa Anda terapkan. Mencegah lonjakan gula darah setelah Lebaran tidaklah sulit. Dengan mengikuti tips sederhana di atas, Anda dapat menjaga kesehatan dan menghindari komplikasi yang disebabkan oleh lonjakan gula darah.

Selanjutnya: Saraswanti Anugerah (SAMF) Bakal Tambah Satu Lini Produksi di Pabrik Sampit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News