Bugar

Mengulik Khasiat serta Cara Minum Chia Seed untuk Diet Menurunkan BB

Mengulik Khasiat serta Cara Minum Chia Seed untuk Diet Menurunkan BB

MOMSMONEY.ID - Mau turun BB? Yuk, ketahui khasiat serta cara minum chia seed untuk diet.

Chia seed bisa sangat membantu dalam program diet sehat karena tinggi serat. Serat ini membantu mengendalikan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, yang bisa mengurangi kecenderungan makan berlebih.

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal Annals of Internal Medicine, orang yang mengonsumsi 30 gram serat per hari selama 12 bulan, berhasil menurunkan berat badan sebanyak orang yang mengikuti diet yang lebih kompleks.

Penelitian lain dari Nutricion Hospitalaria menunjukkan bahwa mengonsumsi chia seed selama 12 minggu juga dapat mengurangi berat badan dan ukuran lingkar perut.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang secara Alami yang Mudah Dilakukan

Mengutip dari Hello Sehat, chia seed dapat menyerap air dan membentuk gel di perut yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Serat dalam chia seed membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Walaupun kecil, chia seed kaya akan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks yang memberi energi.

Chia seed memiliki kalori yang rendah, ideal untuk diet rendah kalori dan bisa ditambahkan pada smoothie, yoghurt, atau oatmeal tanpa menambah banyak kalori.

Serat tidak larut dalam chia seed membantu makanan bergerak lebih lancar dalam sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Mengonsumsi chia seed merupakan cara yang efektif dan mudah untuk membantu diet sehat Anda.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Intip Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Berikut Ini yuk

Lantas, bagaimana cara minum chia seed untuk diet?

Anda bisa merendam chia seed dalam air selama 30 menit atau sampai bijinya berubah. Tambahkan sekitar 1 sendok makan chia seed untuk setiap gelas air.

Jika Anda kurang suka minum chia seed, Anda bisa mencoba menaburkan chia seed di atas salad atau campurkan ke dalam makanan yang dipanggang seperti roti atau pancake.

Selain itu Anda juga bisa menambahkannya ke dalam smoothie atau membuat puding chia seed yang lezat. Untuk membuat puding, campurkan chia seed dengan susu favorit Anda dan biarkan semalaman. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti buah segar, kacang-kacangan, atau pemanis.

Baca Juga: Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan BB?

Itulah ulasan lengkap terkait khasiat dan cara minum chia seed untuk diet. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Ketahui Letak Nomor Ijazah SMA/SMK hingga S1 untuk Pendaftaran CPNS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News