Bugar

Terapkan Cara Ini untuk Mencegah Jerawat di Wajah, Kulit Bisa Bersih

Terapkan Cara Ini untuk Mencegah Jerawat di Wajah, Kulit Bisa Bersih

MOMSMONEY.ID - Apa saja cara untuk mencegah jerawat di wajah? Yuk, intip caranya di sini.

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dan dapat mengganggu penampilan serta rasa percaya diri seseorang. Namun, ada beberapa cara efektif untuk mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Mengutip dari Healthline, berikut adalah cara untuk mencegah jerawat di wajah yang dapat Anda terapkan:

1. Menjaga kebersihan wajah

Untuk mencegah jerawat, menjaga kebersihan wajah dengan tepat sangat krusial. Membersihkan wajah secara berkala membantu mengeliminasi kelebihan minyak, kotoran, dan keringat yang dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit.

Dengan menjalani rutinitas pembersihan wajah yang baik, Anda dapat menghindari akumulasi zat-zat tersebut dan membantu kulit tetap bersih serta bebas dari jerawat.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan Kulit, Bikin Kulit Awet Muda!

2. Menggunakan pelembap

Meskipun Anda mungkin memiliki jerawat, menjaga kulit tetap terhidrasi adalah langkah penting. Kulit yang kering dapat merangsang produksi minyak berlebihan, yang dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat.

3. Batasi penggunaan makeup

Penggunaan makeup dalam jumlah berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Pastikan untuk menggunakan produk makeup yang non-komedogenik dan bebas pewangi untuk menghindari iritasi kulit. Jangan lupa membersihkan makeup, terutama sebelum tidur.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Moisturizer Mengandung Niacinamide yang Ampuh Mencerahkan Wajah

4. Jangan menyentuh wajah berlebihan

Sentuhan wajah secara berlebihan dapat memindahkan bakteri dan kotoran. Inilah yang dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Upayakan untuk tidak menyentuh wajah Anda secara berlebihan, ya.

5. Lindungi diri dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat mengeringkan kulit, yang pada akhirnya dapat merangsang produksi minyak berlebihan dan penyumbatan pori-pori. Pastikan untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan penggunaan tabir surya dan pelindung matahari lainnya.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri, Muncul Iritasi hingga Mudah Terkelupas

6. Jangan memencet jerawat

Apakah Anda suka melakukan yang satu ini? Memencet jerawat dapat berakibat buruk, termasuk perdarahan, pembentukan jaringan parut yang parah, atau bahkan infeksi. Tindakan ini juga dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan penyumbatan pori-pori di sekitarnya, memperparah masalah jerawat Anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah jerawat di wajah. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ini dapat membantu mencegah jerawat dan menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat.

Ingatlah bahwa perubahan pada kulit memerlukan waktu, jadi konsistensi dalam perawatan Anda sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News