Keluarga

5 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering, Hindari Scrub Wajah!

5 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering, Hindari Scrub Wajah!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara mengatasi jerawat pada kulit kering di sini.

Jerawat dapat menyerang jenis kulit apapun termasuk kulit kering. Saat kulit kering tidak dilembabkan dengan baik, kulit akan menjadi pecah-pecah dan bahkan mengelupas.

Adapun kulit yang pecah-pecah lebih rentan terhadap infeksi dari mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, karena skin barrier-nya tidak cukup kuat untuk melindungi dirinya sendiri. Jika dibiarkan, kemungkinan jerawat tumbuh pun akan meningkat.

Perawatan jerawat untuk kulit kering tentu tidak bisa disamakan dengan perawatan jerawat untuk kulit berminyak. Sebab, produk perawatan jerawat untuk kulit berminyak cenderung bersifat mengeringkan, sehingga tidak cocok untuk kulit yang pada dasarnya kering.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat pada kulit kering dengan tepat dan efektif? Dilansir dari Byrdie dan BeBeautiful, berikut 5 cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang bisa Moms coba:

Baca Juga: 5 Jenis Bra Terbaik untuk Payudara Kecil, Bikin Payudara Terlihat Bervolume!

1. Gunakan pembersih wajah yang menghidrasi

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang pertama yaitu menggunakan pembersih wajah yang menghidrasi. Cuci muka dua kali sehari menjadi rutinitas yang tidak boleh Anda lewatkan.

Namun, selalu ingat untuk memilih produk pembersih wajah yang lembut dan menghidrasi ya Moms. Ini bertujuan untuk melindungi skin barrier dari kerusakan sekaligus mencegah jerawat semakin banyak.

Sebaiknya, pilihlah pembersih wajah bertekstur creamy alih-alih gel, karena tidak akan menghilangkan minyak alami kulit.

Jika wajah Anda terasa semakin kering dan kencang setelah mencuci muka, gantilah pembersih wajah Anda dengan formula yang lebih menghidrasi atau cuci muka Anda hanya pada malam hari.

2. Pakai retinol

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang kedua yaitu dengan memakai retinol. Retinol mampu membuka pori-pori yang tersumbat dengan mengelupas sel-sel kulit mati. Sehingga, penggunaannya dapat membantu kulit tetap bersih dan bebas jerawat.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba retinol, awali dengan mengaplikasikannya 1-2 kali saja dalam seminggu alih-alih setiap malam.

Apabila kulit kering Anda masih sensitif terhadap retinol, Anda bisa mencoba metode sandwich. Metode ini mengharuskan Anda untuk menggunakan moisturizer sebelum dan setelah mengaplikasikan retinol atau menyelipkan retinol di antara moisturizer.

Dengan begini, kemungkinan kulit iritasi akibat penggunaan retinol pun akan berkurang secara signifikan.

3. Perbaiki skin barrier

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang ketiga yaitu memperbaiki skin barrier Anda. Perlu Anda tahu bahwa salah satu penyebab jerawat pada kulit kering yang paling umum adalah skin barrier yang rusak.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk merawat dan memperbaiki skin barrier Anda dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan reparative seperti ceramide dan squalane.

Adapun kedua bahan tersebut banyak ditemukan dalam produk toner, serum, maupun moisturizer.

Baca Juga: Merasa Kembung & Begah, Bisa Jadi Ciri-ciri Asam Lambung Tinggi Lo!

4. Hindari physical exfoliation

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang keempat yaitu menghindari physical exfoliation.

Eksfoliasi sangat disarankan karena mampu mengelupas sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit kusam. Kendati demikian, para pemilik kulit yang sangat kering dan berjerawat harus berhati-hati dengan rutinitas skincare yang satu ini, khususnya eksfoliasi jenis fisik atau physical exfoliation.

Physical exfoliation sebaiknya Anda hindari karena dapat mengiritasi dan membuat kulit semakin kering. Ini karena eksfoliasi menggunakan physical exfoliator seperti scrub cenderung merusak lapisan kulit paling atas.

Sehingga, memudahkan kotoran serta bakteri penyebab jerawat masuk ke dalam kulit dan menyebabkan jerawat. Sebagai gantinya, pakailah chemical exfoliator dalam bentuk toner atau serum karena lebih lembut dan tidak abrasif.

5. Oleskan spot treatment

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang kelima yaitu mengoleskan spot treatment. Untuk para pemilik kulit kering, ada baiknya Anda mengatasi jerawat dengan perawatan kulit yang ditargetkan agar tidak mengeringkan kulit seluruh wajah.

Cobalah produk spot treatment dan oleskan secukupnya hanya pada area yang berjerawat. Gunakan secara konsisten dan pastikan untuk selalu membersihkan, merawat, serta melembabkan wajah Anda dengan benar.

Apabila spot treatment yang Anda pakai berbahan benzoyl peroxide, pastikan konsentrasinya 1%-2,5% saja. Karena, menurut penelitian, konsentrasi benzoyl peroxide yang terlalu tinggi akan menyebabkan lebih banyak kekeringan dan iritasi serta tidak membantu mengurangi jerawat sama sekali.

Itulah 5 cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang bisa Moms coba. Jika kelima cara di atas tak kunjung membuahkan hasil, pertimbangkanlah untuk mengunjungi dokter kulit.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan obat oral khusus untuk membantu Anda menghindari perawatan topikal yang berpotensi mengeringkan kulit sekaligus mengobati jerawat sampai ke akar-akarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News