Bugar

5 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Trigliserida

5 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Trigliserida

MOMSMONEY.ID - Jarang yang mengetahuinya, inilah segudang manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh.

Stroberi tidak hanya lezat dan segar, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya manfaat untuk kesehatan. Buah berwarna merah cerah ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh.

Bersumber dari Cleveland Clinic, di bawah ini adalah beberapa manfaat stroberi untuk kesehatan:

1. Meningkatkan fungsi otak

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak untuk memproses informasi dapat menurun. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat melindungi fungsi otak dan memperlambat penurunan kognitif.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 16.000 peserta menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi stroberi dan blueberry paling banyak mengalami penurunan kognitif yang lebih sedikit.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah dan Sehatkan Pencernaan

2. Memperkuat sistem imun

Stroberi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan sistem imun. Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan luka dan dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dan sistemik.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan produksi sel T dan sel B yang penting untuk pertahanan tubuh terhadap kuman.

3. Melindungi kesehatan jantung

Stroberi dapat membantu mencegah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Konsumsi stroberi terbukti dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan meningkatkan aliran darah.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Asam Urat

4. Mengurangi peradangan

Peradangan internal dapat berkontribusi terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Stroberi mengandung antosianin, antioksidan yang dikenal karena efek anti-inflamasinya, yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

5. Membantu mengatur gula darah

Stroberi dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang penting untuk mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Sebuah penelitian di Finlandia menemukan bahwa konsumsi stroberi bersama dengan roti putih dapat mengurangi lonjakan gula darah pasca makan.

Baca Juga: Konsumsi Jus Ini Bisa Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat lo

Itulah manfaat stroberi untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Dengan semua manfaat ini, stroberi adalah pilihan yang sangat baik untuk diet sehat.

Lezat, penuh nutrisi, dan rendah gula, menjadikannya pilihan yang baik untuk camilan atau sebagai tambahan pada smoothie dan hidangan penutup.

Dianjurkan untuk konsumsi stroberi dalam bentuk yang paling alami dan hindari menambahkan krim kocok, kue, atau es krim yang tinggi kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News