Bugar

7 Jus yang Bagus untuk Darah Rendah, Salah Satunya Jus Semangka

7 Jus yang Bagus untuk Darah Rendah, Salah Satunya Jus Semangka

MOMSMONEY.ID - Darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi ketika tekanan darah seseorang lebih rendah dari batas normalnya. Gejala yang umumnya dirasakan antara lain pusing, lemas, dan bahkan pingsan. Salah satu cara alami untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi jus buah dan sayur yang kaya akan nutrisi. Apa saja jus yang bagus untuk darah rendah?

Jangan risau, Momsmoney akan memberikan Anda rekomendasi jus yang bagus untuk darah rendah berikut ini:

1. Jus Buah Bit

Jus buah bit tidak hanya baik untuk tekanan darah tinggi, tetapi juga untuk mereka yang mengalami hipotensi.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, buah bit kaya akan folat, jenis vitamin B yang penting untuk kehamilan dan pembentukan sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab hipotensi.

Baca Juga: Ciri-ciri Kurang Darah atau Anemia yang Sering Terabaikan, Apa Saja ya?

2. Jus Semangka

Semangka terdiri dari 92% air, sehingga sangat efektif dalam menghidrasi tubuh dan mengatasi dehidrasi yang bisa menyebabkan hipotensi. Selain itu, semangka mengandung likopen, antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Jus Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang penting untuk mencegah anemia, salah satu penyebab hipotensi. Jeruk juga mengandung folat, mirip dengan buah bit, sehingga konsumsi jus jeruk dapat membantu mengatasi hipotensi.

Baca Juga: Jenis Anemia dan Gejala Khusus yang Menyertainya, Cari Tahu di Sini

4. Jus Pisang

Pisang kaya akan kalium, folat, dan vitamin C yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengatasi hipotensi akibat anemia. Anda dapat mengonsumsi pisang langsung atau dalam bentuk jus.

5. Jus Lemon

Lemon, yang termasuk dalam kelompok buah sitrus, mengandung vitamin C tinggi yang dapat mencegah anemia dan membantu menghidrasi tubuh.

Melansir dari Hello Sehat, lemon juga mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah, sehingga jus lemon dapat menjadi pilihan untuk mengatasi hipotensi.

Baca Juga: Buah Penurun Darah Tinggi Ini Bisa Anda Coba, Cek yuk Ada Apa Saja

6. Jus Kurma

Jus kurma dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi dalam kurma yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang cukup, sehingga mencegah hipotensi.

7. Jus Alpukat

Jus alpukat sangat baik untuk tubuh karena dapat membantu mengontrol tekanan darah, cocok untuk penderita hipotensi. Alpukat kaya akan folat yang dapat mengatasi anemia dan antioksidan yang baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Suplemen Zat Besi Terbukti Ampuh Atasi Anemia, Berikut Ini Hasil Risetnya

Itulah rekomendasi jus yang bagus untuk darah rendah. Konsumsi jus-jus ini secara rutin dapat membantu meningkatkan tekanan darah bagi penderita hipotensi. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi jus buah dan sayur ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat, ya.

Selanjutnya: Thailand Siap Jajaki Peluang Bisnis di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News