Keluarga

Suka Nonton Film? Ini 5 Manfaat Menonton Film untuk Kesehatan Mental

Suka Nonton Film? Ini 5 Manfaat Menonton Film untuk Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang harus Anda tahu.

Menonton film merupakan aktivitas yang selama ini dianggap sebagai hiburan untuk dinikmati saat ada waktu luang dari tanggung jawab hidup.

Faktanya, menonton film lebih dari sekadar hobi atau hiburan karena menyimpan beragam manfaat, terutama bagi kesehatan mental.

Benarkah demikian? Berikut MomsMoney suguhkan informasi seputar manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang dilansir dari PsychCentral.

Baca Juga: 6 Film Horor Korea Paling Seram, Exhuma Masih Tayang di Bioskop

1. Meningkatkan suasana hati

Manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang pertama yaitu meningkatkan suasana hati.

Jika Anda hidup dengan gangguan kecemasan atau depresi atau Anda hanya merasa cemas dan stres terhadap komitmen pekerjaan maupun keluarga, meluangkan waktu untuk menonton film dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda.

Sebuah tinjauan tahun 2016 menemukan bahwa menikmati aktivitas santai seperti menonton film bisa meningkatkan suasana hati serta mengurangi gejala depresi.

2. Meningkatkan relaksasi

Manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang kedua yaitu meningkatkan relaksasi.

Gangguan dan hiburan yang menyenangkan dapat memberikan istirahat serta relaksasi, menurut sebuah studi tahun 2017. Menciptakan relaksasi dengan menonton film mungkin lebih mudah dari kedengarannya. Namun, sebaiknya hilangkan gangguan yang tidak perlu selama menonton film.

Jika Anda kesulitan memutuskan sambungan dari pekerjaan atau penyebab stres sehari-hari lainnya, pertimbangkan untuk meninggalkan ponsel dan perangkat lain di ruangan berbeda atau nyalakan mode “jangan ganggu” sehingga Anda bisa menikmati film dengan fokus sampai akhir.

Film musikal atau komedi romantis bisa jadi sekadar selingan yang Anda perlukan untuk bersantai setelah hari yang melelahkan.

3. Meningkatkan motivasi

Manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang ketiga yaitu meningkatkan motivasi.

Mengistirahatkan pikiran dari pekerjaan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti menonton film dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih produktif ketika Anda kembali ke pekerjaan sekaligus bisa mengusir perasaan lelah.

Jika film yang Anda tonton menyoroti seseorang yang berhasil mengejar ambisinya, itu dapat memotivasi Anda untuk melakukan hal yang sama. Ini mungkin juga menginspirasi Anda untuk melakukan hobi baru atau mengejar tujuan baru, menurut sebuah studi tahun 2020.

Baca Juga: Daftar 4 Sosok Hantu Korea Ini Sering Jadi Karakter Populer di Drama Korea, Apa Saja?

4. Mengurangi stres

Manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang keempat yaitu mengurangi stres.

Menonton film komedi yang bagus dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa tertawa dapat menurunkan kadar hormon dalam tubuh yang bertanggung jawab atas stres, seperti kortisol dan epinefrin.

Jika Anda sedang tidak ingin tertawa, pertimbangkan untuk menonton drama atau film yang menguras air mata. Menangis juga dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah, menurut sebuah penelitian tahun 2020.

5. Meningkatkan hubungan

Manfaat menonton film untuk kesehatan mental yang kelima yaitu meningkatkan hubungan.

Apabila Anda sedang mengalami kerenggangan dengan pasangan, sahabat, atau anak Anda, menonton film bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk menghidupkan kembali hubungan Anda dengan mereka.

Akan sangat membantu jika Anda dan orang tersebut memiliki selera film yang sama dan memilih film baru yang sama-sama ingin ditonton. Dengan begini, Anda akan terikat pada saat menonton dan merasakan keterhubungan yang diperbarui ketika mendiskusikan isi film setelahnya.

Itulah 5 manfaat menonton film untuk kesehatan mental. Luar biasa kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News