Santai

Daftar 4 Sosok Hantu Korea Ini Sering Jadi Karakter Populer di Drama Korea, Apa Saja?

Daftar 4 Sosok Hantu Korea Ini Sering Jadi Karakter Populer di Drama Korea, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Agar makin tahu tentang cerita rakyat Korea dan budayanya, ini dia daftar beberapa hantu legendaris dalam cerita rakyat Korea.

Kisah horor dalam cerita rakyat Korea tentu menarik perhatian penggemar budaya Korea untuk mengenali sejarahnya, termasuk hantu-hantu legendarisnya.

Tak hanya Indonesia, Korea juga memiliki hantu legendaris yang datang dari mitos dan cerita rakyat populer.

Untuk mengenalkan budaya Korea, beberapa film dan drama Korea bahkan kerap mengangkat hantu cerita rakyat Korea ini menjadi tema ceritanya.

Berikut adalah daftar beberapa nama hantu Korea yang banyak diangkat dalam film dan drama Korea.

Baca Juga: 5 Tontonan Horor Singkat di Netflix, Bisa Ditonton Langsung Sampai Tamat

Gumiho

Gumiho atau yang dikenal dengan Nine Tailed Fox adalah hantu dalam cerita rakyat Korea yang populer diangkat dalam drakor. Dalam sejarahnya, gumiho adalah makhluk yang populer dalam cerita rakyat di Korea, Jepang, dan China.

Gumiho adalah serigala perempuan berekor sembilan yang telah hidup beribu tahun lamanya. Ia memiliki keahlian untuk mengubah bentuknya menjadi bentuk apa pun termasuk manusia.

Drakor yang menjadikan gumiho sebagai pemeran utamanya adalah My Girlfriend is Gumiho, Gu Family Book, dan The Nine Tailed Tale.

Jeoseung Saja

Dikenal juga dengan nama grim reaper, hantu ini adalah sosok jahat yang datang sebagai malaikat pencabut nyawa. Sosok ini memiliki tugas untuk menjemput manusia yang tengah berada dalam sakaratul maut.

Sehingga, kesan jahat dan kejam selalu mengikuti sosok grim reaper. Ada beberapa drama Korea yang mengambil latar cerita dari kehidupan grim reaper. Yakni, Goblin, Tomorrow, dan Black.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Drama Korea Horor Seram Bikin Merinding

Cheonyeo Gwisin

Hantu yang satu ini dikenal juga dengan sebutan virgin ghost atau hantu perawan. Seperti namanya, hantu ini bersosok perempuan yang menggunakan baju putih panjang.

Menurut mitosnya, cheonyeo gwisin menjadi hantu gentayangan karena gagal menjadi istri. Ia harus mati dan belum sempat “melayani” suaminya serta membuatnya menjadi hantu perawan.

Drakor Oh My Ghost adalah drakor yang menjadikan hantu ini sebagai dasar ceritanya. Sang hantu baru bisa pergi dengan tenang setelah ia kehilangan keperawanannya.

Dokkaebi

Makhluk horor selanjutnya yang juga populer dalam cerita rakyat Korea adalah dokkaebi. Sosok ini dikenal juga dengan sebutan goblin yang lekat dengan sosok grim reaper.

Goblin Korea diceritakan terbentuk dari objek spiritual yang digunakan dalam ritual gelap dengan memberikan darah manusia. Dalam drakor Goblin, cerita dari dokkaebi juga masih dijaga keasliannya melalui pedang penuh darah yang menjadi akar kemunculan dokkaebi.

Itulah tadi daftar beberapa sosok hantu legendaris dalam cerita rakyat Korea yang kerap diangkat dalam film dan drama Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News