Keluarga

Sinar UV Berbahaya Sambut Awal Februari 2024, Hindari Keluar Siang Hari

Sinar UV Berbahaya Sambut Awal Februari 2024, Hindari Keluar Siang Hari

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Kamis, 1 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Cuaca Tak Menentu, Konsumsi 7 Makanan yang Bisa Jadi Obat Penyembuh Batuk Kering

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya!

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi, Jawa Timur. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di wilayah Maluku dan Nusa Tenggara. Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Papua. 

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua. 

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT
Sinar UV berbahaya sangat tinggi dialami di Jawa dan Kalimantan. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Sulawesi, Maluku dan Papua. Adapun di Sumatera sinar UV capai level bahaya tinggi. 

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT
Sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem dirasakan di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Papua dan Sumatera Selatan. Kondisi ini bertahan hingga pukul 12.00 WIB, 13.00 WITA dan 14.00 WIT. Di wilayah Papua, kondisi sinar UV telah turun ke level bahaya sedang mulai pukul 13.00 WIT. 

Baca Juga: Kiat Sukses Eiger Kembangkan Bisnisnya

13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Sumatera bagian tengah dan selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah hingga utara, Papua, Maluku dan Jawa. Di Nusa Tenggara dan Bali bahaya sinar UV capai level sangat tinggi.

14.00 WIB / 15.00 WITA / 16.00 WIT
Kondisi aman di wilayah Papua. Sedangkan di sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami sinar UV berbahaya sedang. Kondisi berangsur pulih setelahnya. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: 113.243 Jemaah Haji Reguler Sudah Lunasi Biaya Haji 1445 H

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News