Keluarga

Siang Hari Ini Sinar UV di Indonesia Masih Dalam Level Bahaya

Siang Hari Ini Sinar UV di Indonesia Masih Dalam Level Bahaya

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pasa siang hari ini, Kamis, 18 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Promo Sepanjang Bulan Januari 2024, Cashback Hingga 70% Unipin

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Simak jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 18 Januari 2024.

Papua dan Maluku
Papua akan alami sinar UV berbahaya di level sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian level bahaya meningkat jadi ekstrem di pesisir selatan Papua pada pukul 11.00 -12.oo WIT. Di Papua level bahaya sinar UV hanya sampai pada level sangat tinggi dan mereda mulai pukul 14.00 WIT. 

Sedangkan di Maluku, Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan sejak pukul 11.00 - 14.00 WIT. Kemudian mereda dan aman mulai pukul 15.00 WIT. 

Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara
Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai pukul 10.00 WITA. Indeks sinar UV berbahaya capai level ekstrem mulai pukul 11.00 WITA hingga 12.00 WITA. 

Indeks bahaya sinar UV kemudian berangsur pulih. Kondisi mulai aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa
Kedua pulau ini alami indeks sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi mulai pukul 10.00 WIB. Indeks bahaya sinar UV mencapai level sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB. Setelah itu kondisi berangsur pulih dan aman pada puku 15.00 WIB. 

Sumatera
Sumatera mulai alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 11.00 WIB. Sebelum dan sesudahnya pulau ini mengalami indeks sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi.

Baca Juga: Informa Gandeng Vidi Aldiano dan Sheila Dara Jadi Brand Ambassador

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Inilah Saham Pilihan Saat BI Tetap Menahan Bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News