Bugar

Simak Sederet Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat, Cek yuk

Simak Sederet Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat, Cek yuk

MOMSMONEY.ID - Berbagai penyakit serius dapat timbul akibat tekanan darah tinggi. Ternyata, perubahan pola hidup dan makan sehat bisa jadi solusi untuk turunkan darah tinggi, lo. Tak banyak yang tahu, ada beberapa makanan penurun darah tinggi dengan cepat.

Apa sajakah itu? Momsmoney akan menguraikan beberapa makanan penurun darah tinggi dengan cepat seperti di bawah ini, menyadur dari Hello Sehat:

1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, buah bit, berbagai jenis berry, alpukat, tomat, jeruk, dan semangka mengandung kalium yang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan ini juga kaya antioksidan, nitrat, dan vitamin C yang mendukung kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Efektif

2. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan selada kaya akan kalium, magnesium, dan serat. Konsumsi setengah cangkir sayuran hijau yang dimasak setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Namun, penting untuk memilih sayuran segar, karena sayuran kalengan mungkin mengandung sodium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Kentang

Kentang kaya akan kalium, magnesium, dan serat yang bisa menurunkan tekanan darah. Hindari menggunakan terlalu banyak garam saat memasak kentang karena bisa berdampak sebaliknya.

Baca Juga: Bahaya! Ternyata Ini Makanan Pemicu Darah Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

4. Oatmeal

Oatmeal rendah sodium dan lemak serta tinggi serat, cocok untuk diet penurun tekanan darah tinggi. Tambahkan buah segar atau sedikit madu untuk meningkatkan rasa.

5. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang efektif dalam menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi ikan berlemak secara teratur terkait dengan pengurangan tekanan darah.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Daftar Jus yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat melebarkan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Pilih cokelat dengan kandungan kakao minimal 70 persen.

7. Gandum Utuh

Makanan dari gandum utuh seperti roti, sereal, atau pasta dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan serat tinggi pada gandum utuh mendukung kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Begini lo Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

8. Kacang Pistachio

Kacang pistachio kaya akan lemak sehat, protein, serat, dan antioksidan. Konsumsi kacang ini secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

9. Yoghurt

Yoghurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan dapat mendukung pengelolaan tekanan darah. Yoghurt juga mengandung probiotik yang berpotensi menurunkan tekanan darah. Sebaiknya pilih yoghurt dengan kandungan gula dan lemak rendah dan konsumsilah satu cangkir setiap hari.

10. Susu skim

Susu skim mengandung banyak kalsium dan rendah lemak, membuatnya ideal untuk membantu mengurangi tekanan darah. Penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi susu rendah lemak dan penurunan risiko hipertensi.

Nah, itulah beberapa makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang bisa dicoba. Memilih makanan yang tepat sangat penting untuk mengelola hipertensi. Selain mengadopsi diet yang sehat, gaya hidup aktif dan pengelolaan stres juga penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Selanjutnya: Anjlok, IHSG Turun Lebih dari 100 Poin di Pembukaan 16 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News