Bugar

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Efektif

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Efektif

MOMSMONEY.ID - Tak hanya konsumsi obat dokter, sebagian orang juga memilih alternatif cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami.

Jika dibiarkan, darah tinggi atau hipertensi bisa jadi biang kerok penyakit lainnya. Sebut saja, penyakit jantung hingga stroke. 

Namun, bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang sudah terbukti efektif? Dikutip dari laman Medicine Net, inilah beberapa cara tersebut:

1. Mengurangi konsumsi garam

Garam atau natrium memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan tekanan darah. Membatasi asupan garam adalah salah satu langkah paling efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Hindari makanan olahan yang biasanya mengandung natrium tinggi dan gunakan bumbu lain untuk menambah rasa pada makanan.

Baca Juga: Bahaya! Ternyata Ini Makanan Pemicu Darah Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

2. Menjaga berat badan tetap di angka ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Menurunkan berat badan, meski hanya sedikit, bisa sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Fokus pada diet seimbang dan rutin berolahraga dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur, seperti berjalan cepat, berenang, atau bersepeda, dapat menurunkan tekanan darah secara efektif. Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 30 menit sebagian besar hari dalam seminggu.

Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Gula Darah Rendah yang Bisa Dilakukan

4. Membatasi asupan alkohol dan berhenti merokok

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi asupan alkohol dan berupaya untuk berhenti merokok. Merokok bukan hanya meningkatkan tekanan darah tetapi juga merusak dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko kondisi kardiovaskular.

5. Mengelola stres dengan baik

Stres yang kronis dapat menjadi kontributor untuk hipertensi. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan latihan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres. Mengambil waktu untuk relaksasi dan kegiatan yang menenangkan pikiran juga penting.

Baca Juga: Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung? Intip Jawabannya di Sini!

6. Mengonsumsi makanan kaya potasium

Potasium membantu menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh dan membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Sumber potasium yang baik meliputi pisang, kentang, tomat, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Selain langkah-langkah ini, penting untuk mengikuti rencana perawatan yang disarankan oleh dokter, termasuk penggunaan obat-obatan jika diperlukan.

Perubahan gaya hidup dan pengelolaan tekanan darah yang efektif memerlukan komitmen jangka panjang. Menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari Anda dapat membantu dalam mengontrol hipertensi dan mengurangi risiko komplikasi kesehatan jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News