Bugar

Begini lo Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Begini lo Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Seperti apa cara menurunkan kolesterol dengan cepat? Cek ulasan lengkapnya di sini, yuk.

Menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang sehat adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Tingginya kadar kolesterol, khususnya kolesterol LDL atau kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun, dengan mengadopsi beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan efektif.

Berikut Momsmoney rangkum beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat bersumber dari Healthline:

1. Konsumsi makanan lemak tak jenuh tunggal

Meskipun ada debat tentang efektivitas diet rendah lemak untuk pengelolaan kolesterol, bukti kuat mendukung manfaat lemak tak jenuh tunggal dalam menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

Sumber utama lemak ini termasuk minyak zaitun, kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kemiri, serta alpukat dan zaitun.

Baca Juga: Cegah Kolesterol Tinggi, Ini Cara Detoks Tubuh Setelah Lebaran!

2. Prioritaskan lemak tak jenuh ganda, khususnya Omega-3

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh ganda, terutama asam lemak omega-3, dapat mengurangi LDL dan risiko penyakit jantung. Sumber omega-3 meliputi ikan berlemak seperti salmon, makarel, herring, dan tuna.

3. Batasi lemak trans

Lemak trans, yang dihasilkan melalui proses hidrogenasi, meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak trans termasuk margarin, kue kering, dan beberapa jenis popcorn microwave.

Baca Juga: Hati-hati! Ketahui Penyebab Kolestrol Melonjak Naik setelah Lebaran

4. Konsumsi serat larut

Serat larut yang ditemukan dalam oat, kacang-kacangan, dan beberapa buah, dapat menurunkan kadar LDL. Serat ini memiliki efek protektif terhadap penyakit kardiovaskular.

5. Berolahraga

Menurut American Heart Association, 150 menit olahraga aerobik per minggu cukup untuk menurunkan kadar kolesterol. Kombinasi latihan kekuatan dan aerobik memberikan manfaat tambahan.

Baca Juga: Lakukan 4 Cek Kesehatan Berikut Setelah Lebaran, Penting untuk Kesehatan!

6. Jaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Kehilangan berat badan dapat secara signifikan memperbaiki profil kolesterol Anda.

7. Hindari merokok

Merokok meningkatkan LDL dan mengurangi HDL, serta mempengaruhi penumpukan kolesterol di arteri. Berhenti merokok bisa membalikkan efek ini.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Keseluruhan, mengadopsi kebiasaan makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola berat badan adalah kunci untuk memelihara kolesterol dalam kisaran yang sehat. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Tekanan Darah Naik Tinggi? Coba 14 Vitamin & Suplemen Ini untuk Menurunkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News