Bugar

Seperti Apa Ciri-Ciri Depresi pada Pria? Yuk, Cek Selengkapnya di Sini

Seperti Apa Ciri-Ciri Depresi pada Pria? Yuk, Cek Selengkapnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk pria. Meskipun gejala depresi sering serupa di antara pria dan wanita, cara pria mengalami dan mengekspresikan depresi bisa berbeda. Lantas, seperti apa ciri-ciri depresi pada pria?

MomsMoney akan menggali lebih dalam tentang ciri-ciri depresi pada pria pada kesempatan kali ini. Simak, ya!

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

Ciri-ciri Depresi pada Pria

Pria yang mengalami depresi sering kali menunjukkan gejala yang berbeda, yang terkadang sulit diidentifikasi.

Jika Anda mencurigai bahwa diri Anda atau orang yang Anda sayangi mungkin mengalami depresi, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri depresi pada pria. Melansir dari laman Healthline, di bawah ini adalah cirinya:

1. Ciri Fisik Depresi pada Pria

Beberapa ciri gejala fisik yang umum antara lain adalah sesak di dada, masalah pencernaan, disfungsi ereksi, sakit kepala, masalah hormonal seperti testosteron rendah, nyeri, jantung berdebar, serta perubahan berat badan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Begini Ciri-Ciri Depresi pada Wanita dan Cara Menanganinya

2. Ciri Mental Depresi pada Pria

Ciri gejala mental yang sering muncul pada pria antara lain kesulitan berkonsentrasi, masalah memori, pola pikir obsesif-kompulsif, pikiran yang berlomba, kesulitan tidur, dan pemikiran tentang bunuh diri.

3. Ciri Emosional Depresi pada Pria

Pria yang depresi bisa mengalami agitasi, agresi, kemarahan, penarikan emosional dari orang-orang terdekat, keputusasaan, hilangnya minat dalam berbagai aktivitas, kegelisahan, dan kurangnya libido.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Benar? Pemula Harus Tahu Tips dan Trik Berikut

4. Ciri Perilaku Depresi pada Pria

Beberapa tanda perilaku yang mungkin terlihat pada pria depresi antara lain kesulitan memenuhi tanggung jawab di pekerjaan dan rumah, penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol berlebih, berpartisipasi dalam aktivitas berisiko, isolasi sosial, dan bahkan upaya bunuh diri.

Demikianlah ciri-ciri depresi pada pria yang perlu Anda ketahui. Banyak pria yang tidak mengenali tanda-tanda atipikal dari depresi atau merasa takut untuk membahasnya karena takut dihakimi.

Namun, mengenali ciri-ciri ini dan mencari pengobatan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup. Dalam banyak kasus, hal ini bisa menyelamatkan nyawa. Diskusi yang terbuka dan edukasi dapat membantu pria mengenali dan menghadapi depresi dengan lebih efektif. Semoga bermanfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News