Bugar

Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 50 Tahun? Yuk, Cek di Sini!

Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 50 Tahun? Yuk, Cek di Sini!

MOMSMONEY.ID - Menjaga kadar kolesterol dalam batas normal adalah penting bagi kesehatan jantung, terutama bagi pria yang telah mencapai usia 50 tahun. Pada usia ini, pria lebih berisiko mengalami penyakit jantung koroner yang seringkali dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol. Berapa kadar kolesterol normal pria usia 50 tahun?

Jumlah kolesterol dalam darah biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Melansir dari laman Mayo Clinic, untuk pria usia 50 tahun, kadar kolesterol yang ideal adalah antara 125 hingga 200 mg/dL, dengan LDL harus di bawah 100 mg/dL dan HDL harus lebih dari 40 mg/dL. Kolesterol dianggap tinggi jika nilai tersebut melebihi 239 mg/dL.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Menjaga kolesterol dalam batas yang sehat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab kematian utama bagi pria di atas usia 50. Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang nyata, sehingga sering disebut sebagai silent killer. Ini adalah alasan mengapa pemeriksaan rutin sangat penting.

Pemeriksaan kolesterol bisa dilakukan dengan tes darah sederhana, yang dikenal sebagai lipid panel atau profil lipid. Tes ini biasanya memerlukan puasa selama 9-12 jam untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

Disarankan bagi pria usia 50 tahun untuk melakukan pemeriksaan kolesterol setiap 1-2 tahun, tergantung pada hasil tes sebelumnya dan faktor risiko lainnya.

Demikianlah ulasan terkait berapa kadar kolesterol normal pria usia 50 tahun. Bagi pria usia 50 tahun, memantau dan menjaga kadar kolesterol dalam kisaran normal adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung yang baik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Jeruk Nipis untuk Asam Lambung, Aman atau Tidak? Intip Daftar Buah Pantangan Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News