Bugar

Bagaimana Cara Diet yang Benar? Pemula Harus Tahu Tips dan Trik Berikut

Bagaimana Cara Diet yang Benar? Pemula Harus Tahu Tips dan Trik Berikut

MOMSMONEY.ID - Menjalankan diet yang sehat dan efektif adalah langkah penting bagi banyak orang yang ingin mencapai berat badan ideal. Namun, banyak pemula yang bingung harus memulai dari mana. Bagaimana cara diet yang benar sebenarnya?

Berikut ini MomsMoney telah merangkumkan bagaimana cara diet yang benar untuk pemula, bersumber dari laman Eating Well.

1. Tidur yang cukup

Jennifer McDaniel, MS, RDN, ahli gizi di St. Louis, MO, menekankan pentingnya tidur yang cukup untuk menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan, orang yang tidur selama 8 jam lebih cenderung mengalami penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang dari 6,5 jam.

Baca Juga: Menelusuri Manfaat Olive Oil untuk Diet, Benarkah Bisa Menurunkan BB?

2. Jangan lewatkan sarapan

Jangan melewatkan sarapan karena bisa membuat tubuh berpikir sedang kelaparan, yang akan menyebabkannya menyimpan lebih banyak kalori. Sarapan juga penting untuk menjaga metabolisme tetap aktif.

3. Gunakan probiotik

Disarankan untuk menggunakan probiotik, khususnya bagi mereka yang mengalami kesulitan dengan metode penurunan berat badan lain. Strain tertentu dari Lactobacillus telah terbukti meningkatkan kolesterol dan menurunkan BMI.

Baca Juga: 3 Resep Tahu Kukus untuk Diet yang Mudah dan Enak, Coba yuk!

4. Makan lebih sering

Makan lebih sering dengan interval 3 hingga 4 jam untuk menjaga metabolisme tetap aktif. Camilan yang seimbang yang menggabungkan buah dengan protein atau lemak bisa jadi pilihan, seperti apel dengan keju atau yogurt.

5. Jangan menunda untuk makan

Sangat penting untuk tidak menunda waktu makan karena bisa membuat seseorang makan terlalu cepat dan membuat pilihan makanan yang buruk. Makan secara teratur dapat menghindari perasaan lapar yang ekstrem.

Baca Juga: Menilik Manfaat Ubi Cilembu untuk Diet Turunkan Berat Badan

6. Latihan manajemen kelaparan

Makanlah secukupnya hingga merasa nyaman, bukan sampai kenyang. Penting juga bagi Anda untuk memperhatikan isyarat kenyang dari tubuh setelah makan.

7. Konsumsi makanan berat di pagi hari

Mengonsumsi makanan yang lebih berat di pagi hari dan makan malam yang lebih ringan untuk mendukung metabolisme yang lebih efisien di siang hari.

Baca Juga: 4 Sayuran Penyebab Asam Urat, Mengandung Purin yang Tinggi

8. Simpan junk food di tempat yang tidak terlihat

Menyimpan makanan tidak sehat di tempat yang tidak mudah terlihat dapat membantu mengurangi godaan untuk mengonsumsinya.

9. Minumlah air saat makan

Greebel menyarankan untuk minum air saat makan untuk membantu memperlambat proses makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Baca Juga: Catat, ya! Berikut 11 Obat Batuk Berdahak yang Alami dan Ampuh

10. Tetap bergerak

Anda dianjurkan untuk bergerak lebih banyak sepanjang hari, seperti berjalan selama panggilan telepon misalnya. Ini membantu meningkatkan metabolisme dan mencegah tubuh dari berada dalam mode istirahat yang berkepanjangan.

11. Konsumsi telur utuh

Mengonsumsi telur utuh sangat berguna karena mengandung protein dan lemak yang membuat Anda kenyang lebih lama. Kuning telur mengandung nutrisi penting yang tidak ditemukan di putih telur.

Baca Juga: 4 Ramuan Tradisional Penurun Demam yang Ampuh, Bisa Bikin di Rumah

12. Gunakan piring yang lebih kecil

Penggunaan piring yang lebih kecil untuk mengontrol porsi makan, secara psikologis membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Piring yang lebih besar cenderung membuat kita mengambil lebih banyak makanan.

13. Hati-hati dengan makanan olahan

Terdapat bahaya aditif dalam makanan olahan, seperti propionat, yang dapat mempromosikan resistensi insulin dan meningkatkan rasa lapar. Aditif ini umumnya ditemukan dalam produk dengan umur simpan panjang.

Demikianlah ulasan bagaimana cara diet yang benar untuk pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News