Bugar

Sehat dan Alami, Ini Minuman untuk Menurunkan Kolesterol yang Patut Dicoba!

Sehat dan Alami, Ini Minuman untuk Menurunkan Kolesterol yang Patut Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Menjadi cara sehat dan alami, mari konsumsi minuman untuk menurunkan kolesterol berikut ini!

Dalam dunia kesehatan, kolesterol tinggi telah lama diidentifikasi sebagai faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat telah mendorong banyak orang untuk mencari solusi alami dalam mengontrol kadar kolesterol.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi minuman tertentu yang diketahui memiliki efek positif dalam menurunkan kolesterol. Mengutip Medical News Today, ada beberapa minuman untuk menurunkan kolesterol, yang di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Sederet Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol, Tambahkan di Menu Diet Anda

1. Jus tomat

Tomat, yang mengandung likopen - sebuah antioksidan kuat, telah terbukti efektif dalam mengurangi kolesterol LDL. Jus tomat yang dibuat dari tomat segar dan tidak ditambahkan gula adalah pilihan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.

2. Susu kedelai

Sebagai alternatif yang sehat dari susu sapi, susu kedelai kaya akan protein nabati, lemak tidak jenuh, dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Pilihan terbaik adalah susu kedelai yang alami dan minim tambahan gula, garam, atau lemak.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan!

3. Teh hijau

Kandungan katekin dan berbagai antioksidan dalam teh hijau telah ditemukan efektif dalam menurunkan kolesterol LDL dan total. Penelitian di tahun 2020 menyoroti peran epigallocatechin gallate (EGCG), yang banyak ditemukan di teh hijau, dalam menurunkan kolesterol LDL. Teh hitam juga memiliki manfaat serupa dalam mengurangi kolesterol.

4. Smoothie buah beri

Beragam buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberi, yang kaya akan antioksidan dan serat, efektif dalam menurunkan kolesterol bila dibuat menjadi smoothie. Kandungan polifenol dan serat dalam buah beri, ditambah dengan tambahan serat dari oat atau chia seeds, meningkatkan manfaat smoothie ini dalam menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Efektif Turunkan Kadar Kolesterol, Konsumsi Buah untuk Menurunkan Kolesterol Ini

5. Jus seledri

Seledri, sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi kondisi seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol, juga bermanfaat dalam bentuk jus. Jus seledri yang dibuat dari seledri segar kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, dan dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

Itulah beberapa minuman untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba. Anda dapat mengonsumsi minuman tersebut sebagai langkah penurunan kadar kolesterol. Namun, diet seimbang, olahraga teratur, dan konsultasi dengan profesional kesehatan tetap menjadi aspek penting dalam mengelola kolesterol.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum membuat perubahan besar dalam diet atau rutinitas kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selanjutnya: Rekomendasi Tanaman Hias Musim Kemarau yang Cocok Dirawat Pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News