Bugar

Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan!

Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Sejumlah kandungan nutrisi rupanya berkontribusi pada manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Simak ulasannya berikut!

Susu kedelai telah menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari alternatif non-susu atau ingin menambahkan variasi dalam pola makan mereka. Kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, susu kedelai menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang.

Mari kita telusuri lebih jauh mengenai nutrisi yang terkandung di dalamnya dan manfaat yang dapat Anda dapatkan dari mengonsumsi susu kedelai bersumber dari Very Well Health.

Nutrisi susu kedelai untuk kesehatan

Susu kedelai mengandung nutrisi di antaranya meliputi:

  • Kalori: 105 kilokalori (kkal)
  • Protein: 6,34 gram (g)
  • Lemak: 3,5 g
  • Karbohidrat: 12 g
  • Total serat makanan: 0,488 g
  • Total gula: 8,91 g
  • Kalsium: 300 miligram (mg)
  • Zat besi: 1,02 mg
  • Magnesium: 36,6 mg
  • Kalium: 298 mg
  • Natrium: 115 mg

Baca Juga: Intoleransi Laktosa, Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Susu

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Manfaat kesehatan yang potensial dari susu kedelai termasuk:

1. Mengurangi kadar kolesterol

Susu kedelai, karena kandungan tinggi protein kedelai yang mengandung senyawa bermanfaat isoflavon, seperti genistein, telah terbukti dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) sambil meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

2. Menurunkan tekanan darah

Kedelai dapat membantu menurunkan tekanan darah karena isoflavonnya, yang meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menyebabkan relaksasi, akhirnya menghasilkan penurunan tekanan darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Susu Almond untuk Kesehatan, Minuman Sehat Kekinian!

3. Antiinflamasi

Isoflavon dalam kedelai, seperti genistein, memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

4. Mengendalikan berat badan

Susu kedelai adalah sumber protein yang kaya, membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengendalikan asupan kalori. Protein kedelai juga dapat meningkatkan resistensi insulin, membantu mengatur berat badan.

Baca Juga: 6 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Isoflavon dalam kedelai telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, terutama pada wanita muda dan pascamenopause yang tidak mengonsumsi hormon.

6. Mengurangi gejala menopause

Kedelai dapat membantu meredakan gejala menopause karena isoflavonnya, yang memiliki sifat mirip estrogen dan dapat membantu menyeimbangkan fluktuasi hormon.

Nah, itulah ulasan mengenai kandungan nutrisi serta manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Meskipun begitu, terdapat potensi merugikan dari susu kedelai termasuk efek samping pencernaan seperti sembelit dan diare, dampak terhadap fungsi tiroid pada individu dengan kekurangan yodium, dan keamanan penggunaan jangka panjang. Namun, masih dibutuhkan bukti lebih terkait efek samping ini.

Selain itu, konsumsi terlalu banyak kedelai selama kehamilan dan menyusui dapat menimbulkan risiko pada janin karena senyawa mirip estrogen. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kedelai selama periode ini. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News